padang

Masjid Jabal Nur Indarung, Giliran ke 6 Kunjungan TSR KAN Luki

Luki-integritasmedia.com-MASJID Jabal Nur Indarung, Kecamatan Lubuk Kilangan (Luki) dikunjungi Tim Safari (TSR) Kerapan Adat Nagari Lubik Kilangan bersama Forum Kumunikasi Kontraktor Vendor dan Sulier Semen Padang beserta Penasehat Direksi Semen Padang dalam bulan Ramadhan tahun 1440 H.

Dalam kunjungan Minggu (19/5) itu, masih diiukuti tim lengkap yakni, Ninik Mamak dari KAN Luki, Forum Kontraktor Lokal Nagari Lubuk Kilangan dan Penasehat Direksi Semen Padang.

Dalam sambutannya perwakilan dari Ninik Mamak (KAN) Luki mengatakan, Ramadhan bukan sekedar bulan yang di dalamnya dilaksanakan berbagai amalan dan ibadah untuk menggapai rahmat, maghfirah dan janji kebahagiaan di akhirat dari Tuhan, justru Ramadhan seharusnya dapat dijadikan sebagai landasan bagi individu-individu muslim untuk memunculkan sikap solidaritas sosial dan kepekaan sosial.

Ditambahkanya, sikap solidaritas sosial dan kepekaan sosial dari individu muslim tidak akan tercapai, jika pelaksanaan ibadah puasanya tidak sesuai dengan tuntunan Rasulullah. Oleh karena itu, sebuah keharusan untuk melakukan segala yang dilakukan Rasulullah di bulan Ramadhan agar tercapainya sikap solidaritas dan kepekaan sosial.

Sikap ini pada lingkup yang lebih luas dan besar, yaitu di lingkungan masyarakat atau kehidupan sosial secara umum dapat menimbulkan perubahan sosial, sehingga terciptalah suatu kondisi masyarakat yang ideal serta diharapkan, akhirnya.

Sementara itu Kamaruzaman MPD, Penasehat Direksi Semen Padang mengatakan, Safari Ramadhan dari Kerapan Adat Nagari Lubik Kilangan bersama Forum Kumunikasi Kontraktor Vendor dan Sulier Semen Padang beserta Penasehat Direksi Semen ini akan menjadi kegitan tahunan kedepannya. Selain untuk bersilahturahmi dengan masyarakat, kedatangan tim sekaligus untuk ikut ambil bagian dalam pembanguan kampong halaman.

Ditambahkannya, bahkan bulan Ramadhan ini bisa menjadi jembatan untuk saling menyapa sekaligus sebagai bukti kepekaan dan kedekatan antar seluruh lapisan masyarakat. Apalagi dalam pelaksanaan ibadah-ibadah di bulan Ramadhan banyak yang bersifat kolektif, seperti kegiatan berbuka atau shalat tarawih, sehingga memudahkan untuk berkomunikasi secara lebih massif, efektif dan efisien tanpa harus bersusah payah mengumpulkan massa atau masyarakat. Acara buka bersama dan dilanjutkan dengan tarawih berjamaah merupakan momentum untuk mendengarkan langsung aspirasi masyarakat. Untuk itu, jalinan komunikasi yang dilakukan akan menjadi lebih intensif.

Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk berkomunikasi secara lebih intensif dengan masyarakat adalah dengan melakukan Safari Ramadhan. Seperti yang telah lakukan oleh Tim Safari (TSR) Kerapan Adat Nagari Lubik Kilangan bersama Forum Kumunikasi Kontraktor Vendor dan Sulier Semen Padang beserta Penasehat Direksi Semen Padang yang telah berkunjung beberapa masjid dan mushola dalam wilayah Luki.

Safari Ramaghan selain sebagai ajang silaturrahim. Tradisi silaturrahim ini sangat dianjurkan karena memiliki efek yang sangat konstruktif baik bagi kehidupan individu maupun sosial. Sebagaimana dianjurkan oleh Rasulullah, silaturrahim memiliki banyak manfaat. Diantaranya adalah memperpanjang usia dan memperbanyak rezeki bagi yang melakukannya, akhir Kamaruzaman.

Seperti biasanya dalam setiap kunjungan Tim Safari Ramadhan menyerahkan bantuan berupa uang tuanai untuk pembanguan masjid dan musholah yang dikunjungi. (hen)


About integritasmedia2016

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.