Sebanyak 23.923 KK di Pasabar Terima Bantuan Pangan Nontunai

Simpang Empat-integritasmedia.com-SEBANYAK 23. 923 kepala keluarga di Kabupaten Pasaman Barat, akan menerima manfaat bantuan pangan non tunai pada 2019 melalui sistem warung elektronik.

"Saya minta seluruh pihak pelaksana bantuan pangan non tunai (BPNT) agar bekerja optimal yang nantinya akan disalurkan melalui E-Warung. Jangan kecewakan masyarakat," kata Bupati Pasaman Barat, Syahiran saat sosialisasi transformasi beras sejahtera (Rastra) ke BNPT di aula kantor bupati setempat, Kamis (9/5).

BPNT adalah bantuan pangan dari pemerintah yang diberikan kepada Keluarga Penerima Manfaat (KPM) setiap bulannya melalui mekanisme akun elektronik bekerja sama dengan Bank Mandiri sesuai dengan ketentuan dari Kementrian Sosial Republik Indonesia, tambahnya.

BPNT yang akan disalurkan melalui E-Warung akan diberlakukan mulai dari 1 Juni mendatang dengan jumlah KPM 23. 923 KK, dan untuk bansos rastra, masyarakat mendapatkan 10 kilogram beras setiap bulannya tanpa biaya tebus. Sedangkan untuk BNPT, masyarakat mendapat bantuan non tunai Rp110.000 per bulan yang akan masuk dalam Kartu Keluarga Sejahtera (KKS) untuk membeli bantuan pangan di pedagang bahan pangan berupa beras dan telur di E-Warung.

"Nantinya akan ada 40 titik E-Warung yang akan ditempatkan di sejumlah nagari atau desa yang memiliki akses jaringan internet untuk penyelenggaraan E-Warung," ujarnya.

Dengan adanya BPNT, masalah kemiskinan di Pasaman Barat dapat ditanggulangi dan pihaknya akan terus berkomitmen dalam menyukseskan seluruh program terkait pengentasan kemiskinan di daerah tersebut, akhir Syahiran.

Sementara itu, perwakilan Dinas Sosial Provinsi Sumatera Barat Heny Yunida juga berharap pemerintah daerah terus mendukung program sosial yang dicetuskan oleh Kementrian Sosial, dan pihak terkait untuk dapat mengevaluasi Basis Data Terpadu (BDT) sebelum pemberlakuan BPNT melalui E-Warung Juni mendatang. (at)


Post a Comment

Lebih baru Lebih lama