pendidikan

SMK TI ZAMIGA Cetak Tamatan Perdana

Parit-integritasmedia.com-SMK TI ZAMIGA Parit Kecamatan Koto Balingka Kabupaten Pasaman Barat, cetak lulusan perdana sebagai angkatan pertama yang tamat pada TP 2018/ 2019 ini. Berdasarkan hasil rapat Dewan Guru Senin 13 Mei 2019, ditetapkan bahwa semua peserta didik kelas XII, lulus 100 persen.

Kepala Sekolah, Irti Zamin, SS menyebutkan, sesuai kriteria kelulusan yang ditetapkan, semua peserta didik yang telah mengikuti Ujian Akhir baik, Ujian Akhir Sekolah Berstandar Nasional (USBN), Ujian Nasional (UN) dan Ujian Akhir Sekolah (UAS) serta Ujian Kompetensi Kejuruan (UKK), dan pertimbangan lainnya, dinilai telah memenuhi syarat lulus, walaupun ada beberapa catatan tertentu yang perlu diperbaiki ke depan.

Bahwa sesuai ketentuan kelulusan berdasarkan Permendikbud No. 3 Tahun 2017, tentang penilaian hasil belajar, pada pasal 18 dinyatakan persyaratan lulus, di antaranya, 1). Menyelesaikan seluruh program pembelajaran, 2). Memperoleh nilai sikap atau prilaku minimal baik, dan 3). Lulus ujian satuan pendidikan/ program pendidikan.

Dipertegas lagi dalam POS USBN 2019, selain kriteria di atas, peserta didik harus mengikuti Ujian Nasional (kecuali SD/MI/SDLB/MILB); dan Lulus USBN sesuai dengan kriteria yang ditetapkan oleh satuan pendidikan. Artinya bagi siswa yang tidak mengikuti ujian tersebut, maka otomatis tidak lulus dari satuan pendidikan.

Dalam rapat dewan guru SMK TI Zamiga, umumnya semua guru berpendapat siswa kelas XII sangat wajar lulus 100 persen. Ini mengacu kepada cara belajar anak yang cukup bagus dan sikap yang relatif baik dibanding siswa lain pada sekolah lain yang mungkin ada yang kelewat nakal.
Namun karena SMK TI Zamiga merupakan sekolah berbasis pesantren, para peserta didik banyak menimba ilmu agama sehingga lebih memahami arti kesopanan, etika dan akhlak serta tata cara beribadah dan melaksanakan ajaran islam dalam kehidupan sehari-hari.

Beberapa catatan pengting, di antaranya, masih adanya rekapitulasi absen siswa dalam proses kegiatan belajar mengajar yang tidak hadir tanpa keterangan dan bolos. Sebagian siswa ada yang persentase kehadirannya hampir mendekati batas minimal. Hal inilah yang perlu dievaluasi lebih baik lagi.di masa mendatang.

Kepela sekolah dan pimpinan yayasan serta majelis guru mengucapkan selamat pada siswa Kelas XII SMK TI ZAMIGA yang telah lulus 100 persen. Diharapkan mereka tidak ada yang menganggur, tapi mesti berusaha memasuki dunia kerja atau melanjutkan ke perguruan tinggi.

Apalagi para siswa dibekali dengan sertifikat kursus keterampilan Komputer Office Training bekerja sama dengan LKP TRIA Parit. Sebagian ada juga yang lulus kursus bahasa inggria dan kursus bahasa arab.

“Kita berharap alumni pertama SMK TI Zamiga ini dapat sukses menggapai cita-cita. Baik yang bermaksud cari kerja ataupun yang ingin melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi. Alhamdulillah mereka telah dibekali dengan ilmu dan keterampilan, :” kata Irti Zamin.

Lebih lanjut di katakan, meski baru tahun pertama menamatkan, namun setidaknya ada beberapa hal catatan sejarah yang penting yang telah diperoleh dan dilaksanakan.
1. SMK TI ZAMIGA diresmikan berdirinya oleh Bupati Pasaman Barat, Drs H Syahiran , MM pada tanggal 30 Desember 2016. Dan dilepas perpisahan perdana SMK TI ZAMIGA juga Oleh Bapak Bupati Pasaman Barat, H. Syahiran dan Ibuk Bupati Hj. Yunisra Syahiran pada tanggal 9 April 2019 sekaligus perayaan Isra' Mikraj
2. Telah melaksanakan Ujian Bermbasis Komputer (BK) secara mandiri di sekolah sendiri. Seperti PRA UNBK, SIMULASI UNBK, USBNBK dan UNBK. 3. Telah terakreditasi berdasarkan SK BAN S/M Sumbar No. 381/ BAN- PROV/ SK/XII/ 2018 Tanggal 01 Desember 2018, dengan perolehan nilai akhir 77. 4. Telah melaksanakan Ujian Kompetensi Kejuruan (UKK) di sekolah sendiri, dengan assesor khusus dari DU/DI, yang tim penilainya didatangkan dari Padang Sumatera Barat.

Kegiatan UKK tersebut dilaksanakan pada Sabtu 27 April 2019, dengan tugas siswa sebagai seorang WAN Engineer adalah merancang bangun dan mengkonfigurasi sebuah topologi jaringan WAN yang terdiri dari 3 Router dan 3 Client dengan dua jenis koneksi yang berbeda yaitu static dan dynamic. (irz)


About integritasmedia2016

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.