Kota Pariaman

Desa Sikabu Wakili Pariaman ke Tingkat Provinsi


Pariaman-integritasmedia.com-WALIKOTA Pariaman, Genius Umar membuka Pe­nilaian Lomba Desa dan Lurah Berprestasi Tingkat Provinsi Sumatera Barat yang diwakili oleh Desa Si­kabu, Pariaman Selatan.

Pe­nilaian ini diadakan di Kan­tor Desa Sikabu, Keca­matan Pariaman Selatan pada Selasa (11/6), dan dihadiri oleh tim juri dari Dinas PMDes Provinsi Sumbar, Kesbangpol Provinsi Sum­bar, Mantan Sekda Prov Sumbar, Rusdi Lubis, serta didampingi Ketua TP-PKK Kota Pariaman, Lucyanel Genius, Ketua GOW Kota Pa­riaman, Indriati Mardi­son, Forkopimda, Camat, Ke­pala desa/ lurah, OPD di­lingkungan Pemko Paria­man serta Bundo Kan­duang Kota Pariaman.

Dalam sambutan­nya Walikota Genius Umar mengatakan, bahwa Ko­ta Pariaman cukup spe­si­fik, untuk kebersihan de­sa telah membentuk barakai desa, untuk ke­amanan desa ada dubalang desa dan untuk kegiatan ke­agamaan kita memben­tuk penyuluh agama satu orang tiap desa, petugas ini dibayar dari dana desa, itulah berbagai hal kegiatan yang bisa diakomodir mela­lui dana desa guna me­ngem­bangkan percepatan pembangunan di masing-masing desa tersebut.

" Ada beberapa inovasi khusus yang telah dilaku­kan desa Sikabu ini, desa Sikabu memiliki staf ahli dibidang masing-masing yang diangkat oleh kepala desanya sendiri," ujarnya lagi.

" Kami juga telah mem­buat kebijakan bahwa se­mua eselon II untuk menjadi Pe­nang­gung Jawab (PJ) ke­pala desa, tujuannya su­paya program Pem­ko dalam rangka membangun daerah bisa langsung masuk ke desa/ kelurahan, dan selain itu tu­juannya agar eselon  II ini juga dapat membantu ba­gai­­mana upaya untuk mem­­perbaiki administrasi dan ma­na­jemen pemerinta­han desa", sam­bung wako.

“Kami mengupayakan, agar melalui Dinas PMDes Kota Pariaman nanti man­tan PJ kepala desa ini dapat kita buatkan SK-nya kem­bali untuk menjadi pen­dam­ping di desa masing-ma­sing dimana dia pernah men­jadi PJ, untuk me­lakukan percepatan anta­ra kualitas pekerjaan yang ada di pemerintahan dengan di desa dapat seimbang,” tambahnya.

" Kita di Kota Pariaman memiliki program smart­city, kemudian di desa sa­ya meminta adanya program smart village atau de­sa pin­tar. Sekarang di De­sa Sika­bu sudah memiliki sis­tem informasi desa ada pojok literasi dan wifi desa dengan ketentuan pada jam sholat wifi di non aktif­kan. Ini sa­ngat bagus, anak-anak agar bisa ber­kum­pul untuk men­dorong berbagai pelajaran dise­kolah­nya dengan tidak perlu lagi kewarnet ", tutur­nya.

Diharapkan Desa Sika­bu bisa menjadi contoh untuk semua desa yang ada di Kota Pariaman ba­gai­mana bisa memulai program smart village ini di masing-masing desa, pe­merintah desa dapat ber­konsultasi langsung me­lalui Dinas Kominfo Kota Pa­riaman tentang bagai­mana mengelola sistem informasi desa smart village ini", tutupnya.

Desa Sikabu juga me­miliki produk unggulan UKM seperti pengolahan talas, kuliner  katupek gulai tunjang, bordir dan rajut, membuat mabel/ prabot dan pengrajin tas. Kemu­dian juga memiliki perhatian khusus untuk pendidikan disabilitas melalui sarana pendidikan SDLB SABI­LUNA dan kegiatan keaga­maan mengaji malam di surau gonjong.

Usai acara seremonial, dilanjutkan dengan ekspo­se dari Kepala Desa Sika­bu, Syamsuhardi Koto yang langsung dinilai oleh dewan juri. (at)


About integritasmedia2016

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.