Tanah Datar

Reuni Akbar Lintas Angkatan SMPN 2 Batusangkar Sukses dan Meriah

“ SUKSES ALUMNI LINTAS ANGKATAN SMPN 2 BATUSANGKAR SUKSES KITA BERSAMA “.

Tanah datar,Integritasmedia.com – Reuni Akbar Lintas Angkatan SMPN 2 Batusangkar Kabupaten Tanah Datar Propinsi Sumbar yang dilaksanakan Jumat 7 Juni 2019  oleh panitia 84 berlangsung sukses dan meriah.

Acara reuni lintas angkatan ini setiap tahunnya dilaksanakan,dan pada tahum 2019 angkatan 84 SMPN 2 batusangkar di laksanakan oleh angkatan 84 sebagai panitia acara reuni akbar tersebut,dan acara tersebut di adakan di Gedung Maharajo Dirajo Kota Batusangkar dihadiri oleh angkatan 73 s/d angkatan 2013.

Antoni Surya Roza selaku Ketua panitia pelaksana reuni angkatan mengatakan bahwa kegiatan rutin ini dilaksanakan setiap  tahunnya  secara estafet perlintas angkatan .
Diawali dengan pantun,Ketum pelaksana menyampaikan :

Bukan kuini sembarang kuini
Kuini dikupas dengan benda tumpul
Bukan reuni sembarang reuni
Di alumni lintas angkatan kini berkumpul

Cahayanya terang di Bulan purnama
Nampak pelan awan berarak
Ingin mengenang masa yang lama
"Mangana baliak, mangumpuaan nan taserak"

Simpang empat di Padang Baru
Susah melintas si orang tua
Jangan pernah melupakan guru
Beliau berjasa sepanjang masa
       
Disampaikan oleh Antoni Surya Roza bahwa motto reuni akbar tahun ini adalah“Manjapuik Nan Tatingga,Mangumpuan nan taserak Dalam Rangka Mempererat Silaturahmi Lintas Angkatan SMPN 2 Batusangkar”.

Selanjutnya Ketua pelaksana menyampaikan bahwa telah lama kita tak jumpa. Ibarat berjalan, telah lama kita haus. Namun pada hari ini, serasa terbayar sudah rasa haus ini. Bagai meminum air dingin yang segar, bahagia sekali kami bisa bertemu kembali. Bahkan di tengah-tengah kita, bapak dan ibu guru kita yang dahulu mengasuh dan membesarkan kita masih sempat bertemu dan berkumpul kembali. Alhamdulilah beliau-beliau tampaknya masih tegar semangatnya seperti yang dulu juga. Sungguh merupakan karunia yang tak ternilai harganya. Telah lama kita berpisah, banyak kenangan yang kita goreskan ketika masih bersekolah, setelah lulus yang kala itu memisahkan kita, sampai rentang waktu yang begitu lama.

Betapa cepat usia ini rasanya. Namun perpisahan terakhir di sekolah kita dulu serasa baru saja kemarin. Betapa tidak, teman-teman telah banyak berubah. Namun ciri khas masing-masing masih menempel kental di diri kita ini. Itulah sebabnya suasana hari ini seakan suasana yang lama, bukan suasana yang baru.

Di sekolah kita, kenangan manis tercipta. Lalu kita bawa kenangan itu melalui perjalanan hidup. Namun hari ini kenangan itu kembali tercipta, tetap seperti semula. Ceria, suka dan duka, terbayang dengan jelas dalam suasana keluarga yang berbahagia sekarang ini, sambil kita bereuni kembali.
Ketua panitia selanjutnya juga menyampaikan bahwa reuni akbar TH. 2019  alumni 1intas angkatan SMPN 2 Batusangkar yang pernah bersekolah SMPN 2 yang kita cintai ini.   Mudah-mudahan dengan terselenggaranya Reuni akbar  ini, kita harapkan bersama dapat meningkatkan Interaksi dan Sinergi para Alumni SMPN 2 batusangkar. Disamping itu dengan terciptanya Interaksi yang semakin baik, antara alumni dan Almamater, didukung pula dengan semakin baiknya Komunikasi dan Sinergi para Alumni, maka Kita harapkan akan dapat menjalin suatu Ikatan silaturrahim  yang lebih akrab lagi, dalam persahabatan dan persaudaraan, yang mudah-mudahan menjadi Wadah Alumni keseluruhan yang lebih baik nantinya,ujar Antoni.

Wakil Bupati Zuldafri Darma yang merupakan pembina reuni lintas angkatan SMPN 2 Batusangkar dari angkatan 81 yang  mewakili Bupati Tanah Datar menyampaikan bahwa acara yang dilaksanakan oleh alumni SMPN 2 batusangkar ini merupakan ritual yang rutin dilaksanakan setiap tahunnya oleh alumni.Sesuai dengan motto tahun sekarang “Manjapuik Nan Tatingga,Mangumpuan Nan Taserak Dalam Rangka Mempererat Tali Silaturrahmi “.

Wujud dari reuni sesama alumni lintas angkatan selain dari bertemu dengan teman lama,kakak-kakak,adik-adik serta majlis guru dan guru yang telah pensiun,yang tak kalah pentingnya adalah dalam rangka meningkatkan ukhuwah islamiyah.

Lebih lanjut disampaikan oleh Zuldafri Darma bahwa makna lain dari reuni adalah :
1.Memaknai lebih dalam lagi di balik reuni akbar tersebut apa yang bisa kita perbuat untuk SMPN 2 ini sehingga visi dan misi sekolah sinergis dengan visi dan  misi pemnerintahan Kabupaten Tanah Datar.
2.Melalui reuni akbar ini kita tularkan spirit dan semangat sehingga muncul kesadaran bersama untuk membangun SMPN 2  Batusangkar dan membangun Tanah Datar.
3.Kita harus melakukan muhasabah dan interopeksi diri serta menjalin koordinasi yang lebih akrab lagi dengan eksekutif dan legistatif untuk pembangunan SMPN 2 Batusangkar.
Dengan memaknai apa arti dari reuni yang dilaksankan ini,semoga sekolah yang telah melahirkan generasi yang telah menjabat diberbagai pemerintahan,baik itu eksekutif,legistatif,swasta maupun wiraswasta bisa berkiprah untuk membangun   apa yang diperlukan oleh SMP yang kita banggakan untuk kelancaran pendidikan bagi generasi-generasi kita di SMPN 2 batusangkar ini,ujar Zuldafri Darma.

Anton Yondra yang merupakan alumni 93 yang sekarang menjabat Ketua DPRD Tanah Datar menyampaikan bahwa marwah SMPN 2 Batusangkar ini harus kita pertahankan dan kita tingkatkan.Karena di sekolah yang telah mendidik kita ini telah lahir generasi   yang telah menjabat di berbagai pemerintahan,baik eksekutif maupun legistatif dan di bidang lainnya untuk membangun daerahnya.

Disisi lain kata Anton Yondra , keberadaan ikatan alumni akan menjadi kebanggaan bagi setiap sekolah, karena hal itu menunjukkan keberhasilan dan kualitas alumninya. Apalagi jika kemudian alumni dapat memberi perhatian khusus kepada almamaternya, hal tersebut tentu akan sangat membanggakan almamaternya.

Ketua Alumni Lintas Angkatan Rudi Sakyakirti dalam sambutannya menyampaikan bahwa kegiatan rutin yang dilaksanakan ini adalah suatu bentuk silaturrahmi alumni SMPN2 Batusangkar yang intinya selain bertemu dengan rekan2 sesama angkatan,bersua dengan senior maupun yunior alumni serta bertatap muka dengan majlis guru serta guru yang telah pensiun yang pernah mengajar kita waktu sekolah di SMPN 2 batusangkar yang kita cintai dan banggakan ini.

Disampaikannya juga bahwa silaturrahim dan pertemuan semacam ini memiliki makna yang sangat penting untuk kita jadikan, tidak hanya mengenang masa-masa indah di masa lalu, tetapi lebih jauh dari itu kita bisa berdiskusi, saling tukar pikiran, saling memberi dan menerima bertukar pengalaman dan membagi keberhasilan. Sehingga akan terbangun suasana keakraban dan kebersamaan menuju keberhasilan yang lebih gemilang. Lebih dari itu, kita yang juga merupakanbagian yang tak terpisahkan dari almamater ini, tentunya kita perlu bertanya, apa yang telah kita sumbangkan demi kemajuan sekolahan kita ini. Oleh sebab itu, melalui forum ini, kita pikirkan dan diskusikan bersama apa yang harus kita sumbangkan demi kemajuan almamater yang kita cintai ini.

Yang tak kalah pentingnya lagi adalah membuat program-program selanjutnya untuk pembangunan di SMPN 2 ini sesuai dengan visi dan misi sekolah dan didukung pula oleh visi dan misi Kabupaten Tanah datar,sehingga SMPN 2 Batusangkar tetap jaya dan berkembang hendaknya,ujar Rudy.

Sementara itu, Kepala SMPN 2 Batusangkar H.Mukhlis mengatakan, reuni kali ini menjadi kebanggaan bagi semua.. Pihaknya berharap dengan adanya reuni bisa membawa suatu perkembangan untuk SMPN 2 Batusangkar di tahun-tahun berikutnya.

Dalam acara reuni akbar tersebut,para alumni mengumpulkan dana untuk pembangunan musholla SMPN 2 Batusangkar berkisar  59.470 juta rupiah,sumbangan tersebut ada yang langsung masuk rekening musholla dan ada melalui badoncek pada malam acara reuni dan langsung diserahkan oleh panitia kepada Kepala Sekolah .

Usai sambutan demi sambutan, dilanjutkan acara ramah tamah, dan dilanjut hiburan musik KIM. (A)


About integritasmedia2016

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.