Sebanyak 3.000 Mustahiq di Padang Pariaman Terima Zakat dari Yayasan Al Azis


Padang Pariaman-integritasmedia,com-MENJELANG lebaran lalu, Yayasan Arisal Azis kembali menyalurkan dana zakat dari para Muzakki perantauan kepada 3.000 mustahiq yang berhak menerimanya.

"Masing-masing penerima memperoleh Rp 500.000/orang. Maka jika ditotal seluruhnya menjadi Rp.1,5 milyar," ujar Dedi Salim Ketua Yayasan Al Azis.

Zakat ini dibagikan dan tersebar di sebagian Kabupaten Padang Pariaman seperti Kecamatan Sungai Limau, Kampung Dalam, V Koto Timur, dan VII Koto Sungai Sariak.

"Kita membagikannya dengan lima kali penyaluran, untuk Kec. Sungai Limau kita bagikan di Simpang Empat Toboh Nagari Campago Selatan sebanyak 500 kupon, yang kedua di Nagari Sikucur V Koto Kampung Dalam," terangnya.

Dan, yang ketiga di Kantor Camat VII Koto Sungai Sariak 400 Kupon, kemudian penyaluran ke empat di V Koto Timur sebanyak 500 Kupon dan terakhir di V Koto Kampung Dalam yang dipusatkan di depan Mesjid Raya Ismail.

Dari total kupon yang disalurkan ada sisa kelebihan sebanyak 87 kupon, penyebabnya karena pemilik tidak menjemput atau tidak tepat sasaran.

"Ketika tim berada di lokasi pendistribusian, jika melihat calon penerima tidak layak untuk menerima maka tidak akan diberikan atau batal," tegas Dedi.

Jadi sisanya dilakukan sistim jemput bola kelapangan, jika menemukan warga miskin maka langsung kita berikan tanpa pengurangan bahkan dengan bonus tambahan satu helai jilbab dan kain sarung.
Hingga saat ini kelebihan kupon yang telah disalurkan ada sebanyak 10 Keluarga. "Sistim jemput bola bertujuan agar zakat ini betul-betul tepat sasaran. Sebagaimana komitmen tim dan Yayasan dari awal," tutup Dedi. (at)


Post a Comment

Lebih baru Lebih lama