RTH Jembatan Ratapan Ibu Terus Dipercantik


Payakumbuh-integritasmedia.com-JEMBATAN Ratapan Ibu yang telah dijadikan sebagai ikon Kota Payakumbuh terus dipercantik oleh pemerintah daerah setempat. Untuk tahun ini terdapat sejumlah proyek yang akan dikerjakan di salah satu cagar budaya di Kota Randang itu.

Kepala Bidang Destinasi Pariwisata Disaparpora Kota Payakumbuh Zetriwardi menyebut, untuk meningkatkan kunjungan wisata ke daerah tersebut, pihaknya terus memoles Ruang Terbuka Hijau (RTH) Jembatan Ratapan Ibu.

"Total anggaran yang kita siapkan untuk mempercantik RTH Jembatan Ratapan Ibu sekitar Rp600 miliar," kata Zetriwardi, Senin (12/8).

Diantara proyek yang sudah dikerjakan adalah pembangunan gazebo, pagar, penambahan lampu hias, dan pembagunan tiang solar cell untuk listrik tenaga surya.

"Pembangunan pagar di sekeliling RTH Jembatan Ratapan Ibu sudah selesai dilaksanakan. Pagar ini untuk menciptakan rasa aman pengunjung karena kawasan RTH berada di pinggir Sungai Batang Agam," ujarnya.

Sedangkan untuk penambahan lampu hias di jembatan belum mulai dikerjakan karena masih harus menuntaskan beberapa pengerjaan yang lain terlebih dahulu.

"Khusus untuk lampu tersebut pasti akan kami tambah tahun depan," ujarnya.

Anggaran yang disiapkan untuk penambahan lampu hias cukup besar, yaitu sekitara Rp300 miliar. "Untuk yang Rp300 miliar lain pengerjaannya sudah dilaksanakan," ungkap Zetriwardi.

Dikatakannya, lampu hias sendiri memang sudah menghiasi Jembatan Ratapan Ibu semenjak beberapa bulan terakhir. Tapi memang jumlahnya dinilai belum mencukupi.

Dengan keseriusan yang ditunjukkan Pemko Payakumbuh dalam mengembangkan cagar budaya Jembatan Ratapan Ibu, ia berharap masyarakat pengunjung bisa ikut menjaga fasilitas yang sudah.

"Kita cukup menyayangkan masih ada oknum perusak seperti toilet yang bagus kita bangun tapi kran dan alat-alat lainnya dirusak juga," terangnya. (nt)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama