liputan khusus

Wawako Hendri Septa Buka PIDBF 2019


Padang-integritasmedia.com-DALAM menyambut dan memeriahkan HUT Kota Padang ke-350 (7 Agustus 2019), Pemko akan mengelar berbagai kegiatan. Baik itu kegitan keagamaan (doa bersama), sosial, budaya, olah raga dan sebagainya.

Untuk doa bersama akan digelar pada malam hari tanggal 6, 16 dan 17 Agustus.

“Pada tiga malam tersebut, doa-doa terbaik akan kita panjatkan agar bangsa dan negara kita ini serta Kota Padang selalu dilimpahkan rahmat dan berada dalam lindungan Allah subhana wa ta’ala” ujar Mahyeldi pada wirid bulanan Pemko Padang di Masjid Nurul Iman, Jumat (2/8) kemaren.
Dan untuk kegitan lainya telah banyak yang dimulai, seperti festival
perahu naga.

Festival Perahu Naga Internasional Padang XVII atau Padang International Dragon Boat Festival (PIDBF) 2019 resmi digelar, Jumat (2/8) kemaren. Acara pembukaan ditandai penabuhan gendang oleh Wakil Walikota Padang Hendri Septa bersama Forkopimda serta Ketua TP PKK dan Ketua Gabungan Organisasi Wanita (GOW).

Hendri Septa mengatakan, Festival Perahu Naga Internasional merupakan perhelatan tahunan di Kota Padang. Disamping meningkatkan motivasi olahraga, khususnya dayung, juga diharapkan berdampak terhadap kunjungan wisata.

“Diharapkan event ini berdampak terhadap peningkatan kunjungan disamping untuk menggairahkan olahraga, khususnya dayung,” kata Hendri Septa di sela pembukaan PIDBF 2019 di arena dayung GOR H. Salim, Jumat (2/9/) petang.

Dia menambahkan, Kota Padang saat ini menuju pusat perekonomian dan gerbang perdagangan terpenting di Indonesia wilayah barat. Untuk itu perlu dikelola dan dicermati dengan baik.

“Mewujudkan Kota Padang sebagai pusat perekonomian dan pintu gerbang perdagangan terpenting di Indonesia bagian barat, perlu di cermati dan dikelola dengan baik,” ungkapnya.

PIDBF menurut Hendri perlu dikemas lebih baik lagi agar gaungnya lebih signifikan untuk menarik orang berkunjung ke Padang.

“Festival perahu naga ini, saya rasa perlu dikemas lebih baik. Gaungnya akan lebih signifikan sehingga ramai yang menyaksikannya,” terangnya.

Tahun ini, peserta internasional diikuti tim dari Negara Qatar, Filipina, Inggris, Singapura, Malaysia dan Indonesia.Peserta Nasional ada 7 PODSI daerah yang mengirim pesertanya yaitu, Indragiri Hilir Riau, Rambahan Batanghari, Muaro Jambi, Kota Pekanbaru, Kampr dan SMA Olahraga Riau serta Sumbar dan Kota Padang.

Tim dalam Provinsi Sumbar diikuti oleh 7 Kab/ Kota terdiri dari Pasaman Barat, Pesisir Selatan, Padang, Bukittinggi, Satpol PP Kota Padang, Dharmasraya dan Sijunjung yang rencananya akan mengikuti semua kategori nomor perlombaan serta Antar Kesatuan di lingkungan TNI rencananya diikuti oleh 8 tim dari berbagai kesatuan dari Matra Darat, laut dan Udara.

Kalau sebelumnya pada hari pertama pelaksanaan  PIDBF XVII telah diramaikan dengan perlombaan
Antar Kesatuan dengan 12 pendayung. Di posisi lintasan 1 ada Elang Laut, di lintasan 2 Marinir A, di lintasan 3 Yonif 133 dan Braja Sakti Payakumbuh di lintasan 4.


Marinir A mendapat aplaus meriah karena memasuki finis pertama, disusul Elang Laut. Sedangkan Yonif 133 dan Braja Sakti saling susul di belakang.

Menurut Plh. Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Kota Padang Dedi Henidal, Kejuaraan perahu naga berskala internasional ini telah dilaksanakan setiap tahun di Kota Padang. Tahun ini yang ke-17 kali digelar.

Dikatakan, ini merupakan perhelatan olahraga dan rekreasi. Selain untuk meningkatkan kunjungan ke Kota Padang, festival perahu naga ini jadi sesi pemanasan bagi atlet PODSI. (an)

About integritasmedia2016

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.