Tanah Datar

Berbagai Lomba Meriahkan Festival Muharam di Tanah Datar

Kadis Pendidikan dan Kebudayaan Tanah Datar, Riswandi
Batusangkat-integritasmedia.com-PEMERINTAH daerah melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Tanah Datar melaksanakan enam lomba untuk siswa/siswi se-Tanah Datar dalam memeriahkan Tahun Baru Islam 1441 H.

Kadis Pendidikan dan Kebudayaan Riswandi saat ditemui di ruang kerjanya, Selasa (10/9) menyebutkan kegiatan ini akan berlangsung selama sepekan (16 s/d 21 September) yang dipusatkan di Komplek Benteng Van Der Capellen Batusangkar.

“Selain memeriahkan tahun baru Hijriyah 1441 H, kegiatan ini dilaksanakan untuk mendukung program pemerintah daerah melahirkan generasi muda yang religi dan memegang teguh nilai-nilai agamanya,” ungkap Riswandi.

Tidak dipungkiri jelas Riswandi, era digital sekarang membuka peluang sekaligus ancaman bagi generasi muda. “Kemajuan teknologi informasi punya dampak positif dan negatif tergantung yang memanfaatkannya. Untuk itu kokohnya pondasi agama yang dimiliki anak-anak akan menjadi benteng yang kuat dari pengaruh negatif,” jelasnya.

Festival Muharram 1441 H diisi dengan lomba-lomba keagamaan sebut Riswandi, diharapkan menjadi motivasi bagi siswa-siswi Tanah Datar giat belajar Alquran. “Mari kita sukseskan dan semarakkan bersama kegiatan ini dalam rangka mendekatkan generasi muda dengan Alquran sesuai dengan harapan kita mewujudkan Tanah Datar yang madani, berbudaya dan sejahtera dalam nilai-nilai Adat Basandi Syara’ Syara’ Basandi Kitabullah,” pungkasnya.

Sementara Kabid Kebudayaan Abrar Mukhlis menerangkan enam lomba yang digelar dibagi untuk tiga tingkatan pendidikan. “Tahun ini kita gelar enam jenis lomba untuk siswa SD/MI, SLTP/MTs dan SMA/MA, untuk pendaftaran paling lambat 13 September 2019 dan tidak pungut biaya serta nanti disediakan hadiah bagi pemenang dengan total Rp. 26,4 juta” ucap Abrar.

Lebih detail Abrar menyampaikan lomba untuk Siswa SD/MI yaitu Musabaqah Hafiz Qur’an (MHQ) dalam bentuk grup pada tanggal 16 September 2019, Lomba Azan (18 September 2019) dan Lomba Pop Song Islami (21 September 2019), untuk Siswa SMP/MTs lomba Da’i Muda pada tanggal 19 September 2019 dan untuk Siswa SMA/ MA lomba Musabaqah Syarhil Qur’an (MSQ) pada tanggal 17 September 2019 dan lomba Khaligrafi pada tanggal 20 September 2019. (at)

About integritasmedia2016

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.