Sumbar

Pantau Kondisi Perantau, Wagub Sumbar Berangkat ke Wamena

Wagub Sumbar, Nasrul Abit
Padang-integritasmedia.com-WAKIL Gubernur Sumatera Barat, Nasrul Abit, memastikan akan berangkat ke Wamena, Kabupaten Jayawijaya, Papua, Jumat malam (27/9).

Ia didampingi sejumlah Organisasi Perangkat Daerah (OPD), yakni Dinas Sosial, Badan Kesbangpol, Biro Rantau, dan Biro Bina Mental Setdaprov Sumatera Barat.

Nasrul Abit mengatakan, pesawat yang akan digunakannya itu diperkirakan berangkat dari Bandara Internasional Minangkabau (BIM) pada pukul 21.00 WIB. Setelah berangkat dari BIM, penerbangan akan transit ke bandara di Jakarta-Makassar-Timika-Jayapura.

"Jadi perjalananya cukup panjang dan diperkirakan saya bersama rombongan akan sampai di Jayapura sekitar pukul 11.00 WIT (Waktu Indonesia Timur). Memang kita terlebih dahulu singgah ke Jayapura. Apabila situasi memungkinkan, akan kita coba menuju ke Jayawijaya," katanya lagi.

Ditambahkannya, keberangkatannya ke Wamema atas perintah Gubernur, Irwan Prayitno. Sebab, banyak informasi yang tidak pasti diperoleh oleh Pemprov Sumatera Barat terkait kondisi perantau di Wamena.

"Rencana mau memastikan informasi tentang kondisi perantau Sumatera Barat di Wamena. Makanya, saya diperintahkan oleh gubernur untuk berangkat ke Wamena malam ini juga," tegasnya.

Wagub menyatakan, setibanya besok di Jayapura, ia tidak langsung menuju ke Jayawijaya, tapi akan melakukan pertemuan dengan Pemerintah Kota Jayapura. Hal ini dilakukan guna mengetahui kondisi di kawasan Wamena, kondusif atau tidak untuk dilalui.

"Jadi dari pertemuan itu akan dibahas, apa langkah-langkah selanjutnya terkait perantau Minang di Wamena," ucapnya.

Sesudah itu, barulah Wagub bersama rombongan akan berupaya pergi ke Wamena, usai pertamuan di gelar. "Intinya, saya ingin memastikan kondisi perantau di lokasi kerusuhan itu, apakah baik-baik saja atau tidak," tegasnya.

Sementara itu, Kepala Biro Humas Setdaprov Sumatera Barat, Jasman Rizal, mengatakan keberangkatan rombongan Wagub Sumbar adalah untuk memastikan kondisi perantau di lokasi pengungsian. Untuk saat ini, tim belum bisa membawa logistik dan bantuan lainnya.

"Untuk bantuan logistik, kita saat ini tengah menggalang dana untuk bisa mengirimkan ke sejumlah wilayah di Wamena. Penanggalangan dana akan dimulai dari para ASN di Pemprov Sumatera Barat," ujarnya. (MHen)

About integritasmedia2016

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.