Iimapuluhkota

H. Irfendi Arbi, MP Bupati Limapuluh Kota,Serahkan Simbolis 23,829 ton

Limapuluhkota,Integritasmedia.com - 5 (Lima ) Kecamatan di Kabupaten Limapuluhkota  terdampak Bencana Alam (banjir), lima Kecamatan itu adalah Harau, Lareh Sago Halaban, Akabiluru, Kapur IX dan Suliki.
Ir. H. Irfendi Arbi, MP Bupati Limapuluh Kota, menyerahkan secara simbolis sebanyak 23,829 ton beras kepada Walinagari
yang daerahnya terdampak bencana, Selasa (7/1) di Rumah Dinas Bupati Labuah Basilang Payakumbuh.
“Dalam sambutannya secara simbolis menyerahkan kepada Wali Nagari yang daerahnya kena danpak banjir beberapa waktu lalu.Dan juga Bupati  berharap agar para Walinagari jangan terlibat dengan Politik yang sekarang sedang dibicarakan, bekerjalah sesuai dengan aturan dan secara ikhlas dalam membantu masyarakat,” sambung Irfendi lagi.
Kadis Pangan Kabupaten Limapuluh Kota Gusdian menyebutkan, bantuan pangan ini bersumber dari Cadangan Pangan Provinsi Sumbar dan Kabupaten Limapuluh Kota.
“Setiap Nagari bervariasi menerima bantuan pangan, tergantung dari jiwa yang terdampak, jumlah bantuan 275 gr/hari/jiwa dan dikalikan 15 hari jadi semakin banyak warga yang terdampak semakin banyak bantuan diterima,” 
Kadis  Gusdian Laora katakan sesuai job tugas Dinas Pangan terkait dgn bencana alam, banjir atau longsor fokus kpd penanggulangan pasca bencana, jika bencana alam tsb menimbulkan dampak terhadap kekurangan ketersediaan pangan pokok di tingkat rumah tangga disatu wilayah, sbg akibat terjadinya gagal panen lahan pertanian penduduk disebabkan bencana.

Lebih lanjutkan disampaikannya untuk tanggap darurat bencana merupakan tanggungjawab BPPD dan Dinas Sosial berupa bantuan pangan dan kebutuhan lainnya bagi penduduk yg terkena bencana. Bantuan pangan yg diserahkan oleh Bupati merupakan cadangan pemerintah propinsi maupun cadangan pemerintah Kab 50 kota yg dikelola oleh Dinas Pangan. Besarnya bantuan bagi warga yg terdampak dihitung berdasarkan standar kosumsi beras normatif setiap orang per hari, yaitu 275 gram per orang per hari, dan diberikan untuk kebutuhan 15 hari.
Dalam akhir paparannta Gusdian Laora menyebutkan tentang Perhitungannya setiap orang anggota keluarga rata2 akan mendapatkan 4,1 kg utk 15 hari makan.(S)

About integritasmedia2016

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.