Irwan Basir Dt. Rajo Alam Gelar Diskusi Kebangsaan

Irwan Basir Dt. Rajo Alam, SH., MM
Padang, integritasmedia.com - IRWAN Basir Dt. Rajo Alam, SH., MM mengatakan, Agama, Adat dan Budaya, Sumatera Barat khusus Indonesia adalah rumah kita. Jaga semangat Bhineka Tunggal Ika dan Bela Negara. Hal tersebut disampaikannnya saat diskusi dengan para tokoh dan pemuka agama, adat dan budaya, Jum'at (31/1) siang.

Dalam sambutannya Irwan Basir mengatakan, Sumatera Barat khususnya Indonesia sebagai negara kepulauan yang kaya dengan keaneka ragaman adat, budaya, tradisi, kearifan lokal serta agama, yang telah dipersatukan dengan pengamalan nilai-nilai Pancasila dan semangat persatuan dan kesatuan bangsa.

Semangat ini, akan tetap terus digelorakan, dijaga dan dilestarikan melalui berbagai upaya dan usaha dalam menuju Indonesia yang lebih maju, Indonesia yang sejahtera, aman dan sentosa.

Pada kesempatan tersebut, Irwan Basir bersama sejumlah tokoh dan pemuka agama, adat mengajak seluruh komponen bangsa untuk terus menjaga nilai-nilai Pancasila, dengan menggelorakan semangat persatuan dan kesatuan bangsa dalam bingkai Bhineka Tunggal Ika, tentunya dalam filsafat Minangkabau Adat Basandi Syarak, Syarak Basandi Kitabullah.

"Perkecil perbedaan dan perbesar persamaan, kita semua bersaudara satu bangsa, satu tanah air, satu negara dan satu tujuan,” himbaunya.

Sementara itu, Indra Mairizal menyampaikan, acara silaturahmi dan diskusi kebangsaan ini diselenggarakan oleh Irwan Basir Dt. Rajo Alam, SH., MM, bertujuan untuk lebih merekatkan seluruh generasi millenial Sumatera Barat dengan para tokoh dari pemuka agama dan adat, agar semangat persatuan dan kesatuan kembali digelorakan dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika dalam adat Minangkabau atau ‘tali tigo sapilin tungku tigo sajarangan yang diikat dalam filsafat Minangkabau’.

Selain itu, acara diskusi ini juga dimaksudkan untuk menguatkan dan menggelorakan nilai-nilai Pancasila dan persatuan Indonesia serta membangun kembali semangat sumpah pemuda.

“Dengan kehadiran pemuka adat, agama dan budaya ini diharapkan akan mampu menjadi pelopor dan penggerak seluruh elemen masyarakat dalam menguatkan semangat persatuan dan kesatuan bangsa dengan meminimalisir perbedaan diantara anak bangsa, baik dalam hal agama, suku maupun adat istiadat,” pangkasnya mengakhiri. (ha)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama