liputan khusus

PUPR Sumbar, Akan Lanjutkan Pembangunan Infrastruktur Strategis


Padang, integritasmedia.com - PEMERINTAH Provinsi Sumatera Barat kini telah memiliki Convention Hall (gedung pertemuan) di Bukit Lampu, Kota Padang. Dan, diharapkan dengan keberadaan gedung ini, akan mampu menjadi penyumbang pendapatan asli daerah (PAD) bagi Pemprov Subar.

Gubernur Sumbar Irwan Prayitno
"Nantinya Convention Hall ini akan menjadi salah satu tempat rapat yang akan digunakan oleh pemerintah, sememtara bagi masyarakat umum juga bisa menggunakannya," sebut Gubernur Irwan Prayitno saat peresmian gedung tersebut Kamis (6/2/2020).

Dikatakanya, Convention Hall ini menyediakan pilihan ruang pertemuan yang lagsung menghadap pada daerah dengan pemandangan yang menarik.

"Kalau disini kan ada pemandangannya. Jika jenuh usai rapat, bisa menyaksikan pemandangan yang cantik," ujarnya lagi.

Kadis PUPR Sumbar, Fathol Bahri
Sementara itu Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Sumbar, Fathol Bahri mengatakan, Convention Hall Bukit Lampu tidak hanya menyediakan tempat rapat, namun juga ada cafe, dan delapan kamar. Dua diantaranya merupakan kamar VIP.

Apalagi kedua kamar VIP ini memiliki pemandangan yang indah, serta luasnya berbeda dengan enam kamar lainnya. "Convention Hall yang dibangun oleh Pemprov Sumbar ini terdiri dari empat lantai. Untuk lantai 1 dan 2 merupakan tempat parkir, sememtara untuk lantai 3 ada cafe, dan lantai 4 merupakan lokasi rapat," terang Fathol.

Di lantai 4 ini, pengunjung bisa menikmati pemandangan laut tak kalah dari tempat-tempar lainya di Kota Padang ini. Disini pemendangan yang indah tersebut, turut dipercantik dengan jejeran perahu dan kapal nelayan yang tertambat di pinggir pelabuhan, serta ditambah dengan indahnya pulau-pulau kecil dikawasan pantai Padang.

Dekesempatan terpisah kepada integritas Farhol menyampaikan, selain berhasil menuntaskan pembangunan gedung pertemuan tersebut, Pemprov Sumbar melalui Dinas PUPR juga telah menuntaskan sejumlah program pembangunan yang cukup strategis, dengan total anggaran Rp.422,2 Miliar. Diantaranya, melanjutakn pembangunan Stadion Utama Sikabu, Padang Pariaman, dengan anggaran Rp.110 Miliar, kemudian pembanguan Gedung Budaya Sumbar, pembangunan Shelter Evakuasi Tsunami Linggarjati. Selain itu juga pembangunan Gues Hause Gubernuran, serta juga ada penyusunanm DED Taman Wisata Kelok Sembilan.

Peesmian Convention Hall di Bukit Lampu 
Sedangkan untuk pembangunan jalan, ada pembangunan ruas jalan Pangkalan - Koto Baru - Sialang - Gelugur, serta pembukaan lahan untuk ruas jalan Teluk Bayur - Nipah - Purus dan ruas Pasar Baru -Alahan Panjang dan ruas Payakumbuh - Suliki - Koto Tinggi.

Selanjutnya ruas jalan Guguk Cino Sawah Lunto, Tapus - Muaro Sei Lolo - Gelugur, ruas Sicincin - Kurai Taji, ruas Baso - Batas Batu Sangkar, Surantih - Kayu Aro - Langgal di Pesisir Selatan.

Kemudian ruas Pelembayan - Palupuh, ruas Panti - Simpang Empat Pasaman Barat, ruas Duku - Katapiang Padang Pariaman termasuk Singkarak - Aripan - Tanjung Balit - Padang Ganting, Tanah Datar, ruas Palupuh - Pua Gadih - Koto Tinggi, pembangunan ruas jalan Abai Sangir - Sungai Dareh Dharmasraya, ruas Indra Pura - Muara Sakai Pesisir Selatan, ruas Manggopoh - Padang Luar, ruas Duku - Sicincin - Batusangkar Ombilin.

Pemandangan dari Convention Hall Bukit Lampu
Pada tahun 2020 ini juga masuk pembangunan diantaranya adalah ruas Tanjung Ampalu, Sijunjung. Ruas Alahan Panjang - Kiliran Jao, ruas Simpang Padang Aro - Lubuk Malako. Sementara untuk pembangunan jembatan Pemprov juga telah menuntaskan pembanguna Jembatan Kuranji, Kota Padang dengan pembanguna oprit. Kemudian jembatan Pigogah Pasbar, jembatan Sikali Payakumbuh, jembatan Tiku Agam dan jembatan Batu Bala Pesel.

"Semua kegiatan itu segera kita lelang, mengigat pekerjaan harus cepat. Apalagi untuk mendukung kegiatan nasional seperti Stadion Utama Sikabu, harus selesai sebelum Agustus," ujar Fathol mengakhiri. (ha)

About integritasmedia2016

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.