Polres Payakumbuh Berjuang Meraih Predikat Menuju ZI WBK 2020.

Payakumbuh,Integritasmedia.com- Polres Payakumbuh  serius menuju Zona Integritas dengan menggelar kegiatan Pelatihan Teknis Pelayanan Publik  yang  di laksanakan pada hari  Senin, 02 Maret 2020 pukul 10.00 WIB s/d 11.30 WIB bertempat di Rupatama dan Front Office Polres Payakumbuh.

Sosialisasi dan pelatihan standar pelayanan publik ini dibimbing oleh narasumber yang terdiri dari Kasat Binmas AKP. Hikmah, S.Kom., M.Kom., Kasat Intelkam IPTU Luhur Fachri Utomo, S.I.K, dan didampingi oleh ketua program 1 Zona Integritas (ZI) Kompol Basrial, dengan peserta terdiri dari KSPKT Iptu Suhendra, Operator Pelayanan Polres Payakumbuh dan seluruh Polwan sejajaran Polres Payakumbuh.

Pelatihan tersebut diadakan disamping untuk lebih meningkatkan kualitas pelayanan publik pada Polres Payakumbuh, serta pelatihan untuk demi mendukung pembangunan zona integritas yang nantinya akan dilaksanakan oleh seluruh personil.

Paur humas IPDA Satria Rudi mewakili Kapolres Payakumbuh AKBP Dony Setyawan sewaktu dikonfirmasi menyampaikan bahwa bawa materi yang di berikan seputar bagaimana meningkatkan kualitas pelayanan yang di mulai dari kualitas petugas pelayanan, yang terlebih dahulu dengan mempelajari elemen pelayanan dimana kepuasan pelanggan adalah yang utama dan dilanjutkan dengan kegiatan diskusi dan sharing.

Lebih lanjut disampaikan juga bahwa Polres Payakumbuh pada saat sekarang ini terus berbenah dengan lebih meningkatkan pelayanan kepada masyarakat Kota Payakumbuh, oleh karena itu Kapolres Payakumbuh memerintahkan personelnya untuk mengadakan pelatihan Standart Pelayanan Publik kepada seluruh Polwan dan personel yang terlibat dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat.

Dalam acara tersebut Kabag Ops Kompol Basrial mengucapakan terimakasih kepada jajaran Polres Payakumbuh dengan apresiasi serta atensi dan kerelaan rekan rekan untuk hadir dalam acara ini.

Lebih lanjut disampaikannya bahwa Polres Payakumbuh dibawah kepemimpinan Dony telah sepakat untuk Polres Payakumbuh berjuang meraih predikat menuju ZI WBK 2020.

Berusaha kembali untuk menjadi polisi yang baik dan dicintai masyarakat, antisipasi teguran dan jangan mencederai hati masyarakat, Dan sepakat untuk sama sama berjuang meraih ZI WBK, dengan cara sama sama saling menjaga dan mengingatkan segala hal tentang pelaksanaan tugas sehari hari untuk kerjakan dengan baik dan ikhlas.

Kasat Intelkam Iptu Luhur Fachri Utomo, S.I.K mengatakan," Indikator Budaya Pelayanan Prima ditunjukkan melalui pelayanan yang ramah, menjemput pemohon mulai dari parkiran lalu diantar ke tempat tujuan ruang pelayanan, menginformasikan standar pelayanan, fasilitas pelayanan dan akses aduan secara langsung kepada pemohon, pendampingan pengisian formulir serta mengantar pemohon penyandang disabilitas dengan kursi roda," ucapnya.

Disampaikan lebih lanjut bahwa  tujuan pelatihan pelayanan budaya prima yakni agar rekan rekan sebagai pelaksana pelayanan mengetahui tahapan proses pelayanan, menginformasikan standar dan fasilitas pelayanan, akses aduan dan lebih ramah, proaktif, komunikatif serta melayani dengan baik.

Ada beberapa tahapan tentang pelatihan ini diantaranya,

1. Pelatihan Penerapan Budaya Pelayanan Prima

Para Operator beserta Polwan melakukan skenario Pelayanan Publik mulai dr datangnya Tamu /Pemohon ke Polres Payakumbuh disambut oleh Piket Front Office hingga diarahkan ke tempat pelayanan kemudian setelah keperluan selesai ,pemohon diantarkan kembali ke kendaraan oleh Piket Front Office

2. Anev Terkait Skenario Pelayanan Publik

Kabag Ops mengingatkan kembali untuk mengarahkan pemohon untuk kembali ke front office setelah selesai dari pelayanan yang di tuju.

Kasat Intelkam menyampaikan," Sesuai atensi KA agar standar pelayanan 3S dan antar jemput tamu di sesuaikan dengan standar pelayanan di hotel, sehingga operator pelayanan SIM dan SPKT melengkapi Standar Pelayanan yang di letakkan di Front Office guna memudahkan Petugas Piket Front Office dalam menjelaskan kepada masyarakat yang datang, selanjutnya petugas piket Front Office menjelaskan kepada tamu yang datang terkait pelayanan yang ada di Polres Payakumbuh," terangnya.

Dari Sat Binmas mengutarakan bahwa akan memperpertahankan dan lebih meningkatkan lagi terkait pelayanan prima di Polres Payakumbuh sesuai atensi KA, dan akan mengarahkan masyarakat untuk Follow Sosial Media Polres Payakumbuh dan Download Aplikasi Polisiku Polres Payakumbuh

Dalam sosialisi tersebut materi yang di berikan seputar bagaimana meningkatkan kualitas pelayanan di mulai dari kualitas petugas pelayanannya dengan mempelajari elemen pelayanan dimana kepuasan pelanggan adalah yang utama.

Kemudian untuk menutup pembicaraan Paur Humas menyampaikan kegiatan ini di akhiri dengan acara diskusi dan sharing," tuturnya.(Tim)

About integritasmedia2016

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.