limapuluhkota

Samsat Nagari dan Samsat Keliling,Permudah Masyarakat Bayar Pajak

Limapuluhkota,Integritasmedia.com - Kantor Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap (Samsat) Limapuluhkota, jemput bola ke tengah masyarakat melalui samsat keliling dan Samsat Nagari.

Haliman Spd,Ssos
“Upaya ini diharapkan dapat mempermudah wajib pajak yang ada di kecamatan untuk melakukanuntuk melakukan pembayaran pajak kendaraan bermotornya tanpa harus pergi ke Pusat Kota Kabupaten yang berada di daerah Sarilamak Kecamatan Harau” kata Kepala Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Pengelolaan Pendapatan Daerah Limapuluhkota Haliman Spd,Ssos  didampingi Plt KTU Abral beberapa waktu lalu.

Dijelaskan Haliman , Kabupaten Limapuluhkota memiliki rentang kendala tersendiri dalam hal pembayaran pajak kendaraan. Salah satunya terkondisi akibat wilayah Limapuluhkota yang begitu luas, dengan sebaran penduduk hingga ke pelosok- pelosok daerah.

Kendala di masyarakat selama ini terutama yang berada di Kecamatan Kapur IX, Pangkalan, Gunuang Omeh, Bukit Barisan, ,Kecamatan Akabiluru dan lareh Sago Halaban. Warga di beberapa kecamatan ini cukup berjuang untuk melakukan pembayaran pajak kendaraan ke Sarilamak.

” Selain masalah biaya dan transportasi, juga persoalan waktu. Karena untuk ke IKK (Ibu Kota Kabupaten )dari beberapa kecamatan jauh tersebut, biasanya akan menghabiskan waktu hingga satu hari penuh,” kata Haliman .

Untuk itulah, demi menciptakan pendekatan pelayanan, kami melaksanakan sistem jemput bola ke sejumlah kecamatan dan Nagari jauh, dengan jadwal yang sudah ditetapkan,” lanjut Haliman.

Oleh itulah  dilaksanakan pelayanan Samsat Nagari di Kantor Wali Nagari daerah yang jauh tersebut.

“Kendati samsat keliling ini bukanlah program baru lagi, namun dari waktu ke waktu akan terus kita lakukan penyempurnaan, serta diupayakan menambah jumlah titik pelayanan yang ada di kecamatan,” tukas Haliman.

Unit Pelaksana Teknis Pelayanan Pendapatan Daerah Pasaman Barat, Sumatera Barat (Sumbar) membuka pelayanan Samsat Nagari dan keliling dalam rangka memudahkan masyarakat untuk membayar pajak kendaraan di daerah itu.
 
    Menurutnya melalui layanan Samsat Nagari dan Samsat Keliling ini masyarakat dapat mengakses pembayaran pajak kendaraan seri plat nomor seluruh Sumbar.

Mulai dari pembayaran pajak kendaraan plat hitam, plat kuning, plat merah dan data kendaraan terpusat.

Selain itu juga pengembangan fitur layanan dan konsistensi laporan yang semuanya akan bermuara kepada  pencapaian target pendapatan daerah Sumbar akan lebih baik.
     "Intinya pembenahan layanan ini diharapkan untuk memudahkan wajib pajak serta masyarakat untuk mengakses pelayanan pembayaran pajak kendaraan," ujarnya.

Menurutnya hal itu dilakukan agar pelayanan di Samsat di Limapuluhkota bisa berjalan dengan lebih sempurna dan memudahkan masyarakat Limapuluhkota dalam membayar pajak kendaraannya,pungkas Haliman.(Anton Cino)

About integritasmedia2016

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.