agam

Skenario Bencana Dipraktekkan Bagi Siswa dan Guru SD 02 Sariak Kec.Sungai Pua

Agam,Integritasmedia.com   -  Sebanyak 235 orang warga sekolah Dasar Negeri 02 Sariak kecamatan Sungai Pua Kab.Agam Prov.Sumatera Barat di- saat belajar terpaksa keluar dari kelas setelah mendengar alarm erupsi gunung api disertai gempa bumi yang cukup kuat dirasakan siswa dan guru, Rabu (18/3/2020).

Skenario yang dibuat Tim Bpbd  Agam Pov.Sumbar saat memberikan sosialisasi latihan simulasi evakuasi mandiri kepada masyarakat, terutama bagi guru dan siswa tentang mitigasi bencana, agar setelah sosialisasi pihak sekolah dapat mengembangkan dirumah dan ditengah-tengah masyarakat.

Demikian disampaikan kepala bidang Pencegahan dan Kesiapsiagaan Bpbd Agam Prov.Sumbar Yunaidi.S,S.Pd.M.Pd ,saat mengunjungi Sekolah Dasar Negeri 02 Sariak Nagari Sungai Pua kecamatan Sungai Pua, Agam, di Sungai Pua.
   
Saat dikunjungi Tim Bpbd Agam Kepala SDN 02 Sungai Pua, Yanti Fitarina, S.Pd, M.Pd cukup bangga dan menyambut baik tim Bpbd Agam yang sengaja datang dan hadir memberikan sosialisasì penanggulangan bencana, sekaligus melalukan latihan simulasi evakuasi mandiri, didampingi Camat Syafrizal dan Wali Nagari Sariak J. Dt. Bandaro Gadang.

Murid SDN 02 Sungai Pua sebanyak 222 orang dengan guru pendidik sebanyak 15 orang mendapat pengetahuan tentang jenis bencana yang ada di kabupaten Agam, khususnya dilingkungan sekolah dan tempat tinggal masing-masing, dicarikan cara penanggulangan secara sederhana. Atas bimbingan dan arahan dari Bpbd  Agam, kita akan mencoba mengkaji risiko bencana apa yang ada disekitar sekolah, dan mencarikan solusinya secara bersama.

Kepala Pelaksana Bpbd  melalui Kepala Bidang Pencegahan dan Kesiapsiagaan Yunaidi.S, M.Pd bersama tim memberikan penjelasan tentang keadaan dan situasi bangunan sekolah, bila ada bencana gempa  siswa yang berada di sekolah sedang belajar perlu mengetahui arah dan jalur evakuasi yang disepakati bersama. Makanya melalui pembekalan dan peningkatan kapasitas bagi siswa perlu disiagakan.   

Bpbd Agam Sumbar juga berterimakasih kepada pihak sekolah yang telah menghadirkan seluruh siswa dan majelis guru menerima pembekalan penanggulangan bencana yang ada di sekitar kita terutama gempa bumi.

Selesai pencerahan Tim Bpnd langsung mengadakan latihan simulasi evakuasi mandiri kejadian gempa bumi diikuti seluruh masyarakat sekolah murid dan guru SDN 02 Sariak, Sungai Pua, dihadiri Camat Sungai Pua info yun.s(Syafrianto)

About integritasmedia2016

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.