Dr. H. Indra Catri : “Di Rumah Saja, Biar Kami Yang Kerjakan, Kami Antarkan Langsung Ke Rumah”

                                                                          Agam INTEGRITAS MEDIA.COM                Terkait Pemkab Agam instruksikan gugus tugas percepatan penanganan  Covid-19 Luncurkan Bantuan Tahap II, khusus untuk bantuan sayuran akan dilanjutkan dalam minggu depan, skema pembelian sayuran dan distribusinya akan ditangani langsung oleh pemerintah nagari melalui Satgas Siaga Covid-19 Nagari.

Agam, Sumbar | Sebelumnya, pembelian sayuran yang akan diberikan untuk masyarakat dikelola oleh Dinas Pertanian Agam, dan distribusinya ditangani oleh Satgas Siaga Covid-19 Nagari, namun mulai pekan depan, pembelian sayuran dan distribusinya akan langsung ditangani oleh pemerintah nagari menggunakan dana yang sudah direalosasikan sesuai aturan yang sudah ditetapkan.
Dijelaskan M. Dt. Maruhun Sekda Kab Agam, hal itu sudah ditetapkan dengan keputusan pimpinan daerah, tujuannya untuk lebih mengoptimalkan sasaran, serta pemanfaatan potensi lokal di nagari, khususnya dalam pemanfaatan hasil produksi  pertanian dan perkebunan sayur di wilayah nagari masing-masing, yang berkoordinasi dengan jajaran Dinas Pertanian Agam.

Disebutkan M. Dt. Maruhun, skema itu, selain untuk memanfaatan potensi lokal yang ada di nagari masing-masing, juga sebagai upaya untuk stabilisasi harga sayur di tingkat petani, sekaligus mencegah petani membawa hasil perkebunan mereka ke pasar.

”Langkah ini sekaligus untuk memastikan perlindungan bagi petani sehingga tidak terdampak terlalu jauh dalam masa darurat percepatan penanganan penyebaran covid 19 di Kabupaten Agam, “ ulas M. Dt. Maruhun.

Sementara itu Bupati Agam Dr. H. Indra Catri meminta masyarakat untuk bersabar sejenak, terutama bagi warga yang belum menerima bantuan siaga pangan dalam masa tanggap darurat percepatan penanganan penyebaran Covid-19 di Kabupaten Agam. Pihaknya saat ini berusaha untuk memaksimalkan bantuan pangan khususnya beras, garam, dan sayuran untuk warga yang terdampak langsung penyebaran Covid-19 di Kabupaten Agam.

 Bagi warga yang belum mendapatkan bantuan bahan pokok tahap I yang proses distribusinya sudah diselesaikan, diharapkan bersabar karena masih ada beberapa skema bantuan lagi yang saat ini masih dirumuskan baik ditingkat Nagari, Kabupaten, Propinsi bahkan dari Pemerintah Pusat.                    Dijelaskan, beberapa skema bantuan yang disiapkan, diantaranya bantuan PKH, Bantuan Sosial Tunai Dampak Covid-19 , Bantuan Langsung Tunai Pra Kerja, dan beberapa bentuk bantuan lainnya, yang saat ini dalam proses pembahasan dan finalisasi data.

Ditambahkan Indra Catri, selain penerima bantuan dari beberapa sumber tersebut, masih ada sekitar 19.992 KK (sekitar 13 %) yang masuk dalam data Kelompok Masyarakat Kehilangan Penghasilan Agam (KM-KPA), untuk menangani ini, akan ditampung dalam APBD Kabupaten Agam Tahun 2020.

“Jadi tidak perlu diributkan, beri waktu dan kesempatan pemerintah untuk merumuskan dan mengambil langkah cepat dan tepat dalam mengatasi masa tanggap darurat bencana Covid-19 ini. Di rumah saja, biar kami yang kerjakan, kami antarkan langsung ke rumah,“ tegas Indra Catri.

Indra Catri mengharapkan kepada seluruh pihak agar selalu meningkatkan rasa saling tolong menolong, saling ingat mengingatkan diantara sesama warga dan anak kemenakan untuk saling menjaga diri supaya terhindar dari penyebaran virus Covid-19 ini.

Sementara bagi Pegawai Negeri Sipil, TNI, dan POLRI diminta untuk tetap menjadi contoh dari masyarakat dalam memutus mata rantai penyebaran Covid-19 dan juga menjadi sumber ketenangan dari masyarakat kita. Selanjutnya kepada para pengusaha dan masyarakat yang berkemampuan lebih, diharapkan dapat membantu masyarakat di sekitarnya, disaat masa susah sekarang ini.

Dan kepada seluruh tokoh masyarakat (Niniak mamak, Alim Ulama, Cadiak Pandai, Bundo Kanduang dan Pemuda) agar saling menjaga dan menghimbau masyarakat/ anak kemankan untuk mematuhi dan mengikuti arahan dan ketentuan yang telah diambil oleh pemerintah.

“basamo awak (bersama kita, red) lawan corona, semoga seluruh masyarakat Agam terhindar dari serangan virus yang menghebohkan ini, “ tutup Indra Catri. ( MEI RIDWAN)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama