payakumbuh

Launching Layanan Jemput Sampah ODP Covid-19, Erwin Yunaz : Jangan Sembrono! Perhatikan SOPnya

Payakumbuh,Integritas--- Wakil Wali Kota Erwin Yunaz melaunching pelayanan sampah orang dalam pengawasan (ODP) Covid-19 di Posko Tanggap Darurat Covid-19 Pusat Kota Payakumbuh, Jumat (3/4).

Turut mendampingi Sekretaris Daerah Rida Ananda, Asisten II Elzadaswarman, Asisten III Amriul Dt. Karayiang, Wakapolres Ari Nugroho, Danramil 01/Pyk Kapten Joni Forta, Kalaksa BPBD Yufnani Away, Kadis Kesehatan Bakhrizal, Kadis LH Dafrul Pasi, dan unsur lainnya.

Pelayanan ini dilauching berdasarkan Surat Edaran Menteri Lingkungan Hidup Nomor 2 Tahun 2020 dan tindak lanjut Edaran Gubernur Sumbar Tahun 2020 tentang pengolahan limbah infeksius dan sampah rumah tangga dari ODP Covid-19.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Payakumbuh Dafrul Pasi memaparkan dinas sudah menunjuk petugas dan 6 becak motor yang sudah dimodifikasi untuk melayani sampah ODP di Payakumbuh, tersebar di 5 kecamatan.

"Sampah infeksius dari ODP seperti contohnya tisu atau serbet yang mereka pakai tidak boleh dicampur dengan limbah orang lain, dan penjemputan sampah ini dilakukan tenaga khusus yang dibekali dengan Alat Pelindung Diri (APD) penanganan standar limbah infeksius," terangnya.

Kepala Dinas Kesehatan dr. Bakhrizal memaparkan petugas penjemput sampah harus mandi terlabih dahulu sebelum bertugas ke lapangan, agar tidak ada virus ataupun zat infeksius lainnya terbawa saat memakai APD, dan APD harus dipakai dari rumah, bukan di lokasi pengambilan sampah ODP.

"Jangan ragu mengambil sampah rumah tangga dan limbah ODP karena tubuh kita sudah dilapisi dengan APD, kalau sarung tangan robek maka segera diganti, harus hati-hati, sesaampai di rumah, petugas harus segera membuka pakaian pelindung di halaman rumah. Untuk yang pertamakali bertugas nanti akan kami bantu didampingi oleh petugas puskesmas," ujar Bakhrizal.

Wakil Wali Kota Erwin Yunaz menyebut level pengawasan kepada Covid-19 harus sampai selesai, termasuk sampah dari orang dalam pengawasan sekalipun, sampai saat ini Payakumbuh menjadi yang terdepan dalam penanganan Covid-19.

"Semangat ini lah yang akan kita pegang teguh bagaimana meyakinkan masyarakat kalau yang kita hadapi ini serius dan bukan main-main, mungkin sebagian warga menganggap sepele masalah Covid-19, namun sejatinya kalau tidak kita tindak lanjuti maka akan menjadi bencana," kata Erwin Yunaz.

Erwin juga mengajak masyarakat untuk saling mengingatkan, dirinya juga memberi apresaisi kepada petugas yang bertugas
"Jangan sembrono dan harus memperhatikan SOP nya, petugas kita ini mendapat jaminan khusus dari Pemko karena mereka bekerja penuh resiko, semoga wabah ini cepat berlalu, jangan mada karena masalah covid-19 ini masalah serius," pesan Wawako Erwin.

About integritasmedia2016

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.