agam

Longsor Susulan Kembali Terjadi, Pembersihan Jalan Malalak-Sicincin Ditunda.

Agam INTEGRITAS MEDIA.COM - Pembersihan material tanah longsor menimbun badan jalan alternatif malalak-sicincin di jalan Ambacang Jorong Limo Badak, Nagari Malalak Timur, Kecamatan Malalak, Kabupaten Agam,  Provinsi Satera Barat  ( Sumbar ) ditunda sementara waktu. Hal itu disebabkan terjadinya longsor susulan saat proses evakuasi.

Kalaksa Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD)  Kabupaten Agam, M Luthfi AR melalui Kabid KL Syafrizal mengatakan pembersihan material tanah batu dan kayu yang menimbun badan jalan sejak Sabtu (18/4/2020) sore tersebut dilakukan menggunakan satu unit alat berat.


Kondisi cuaca yang belum membaik memaksa petugas untuk melakukan evakuasi esok harinya, namun, saat pengerjaan curah hujan kembali terjadi dan tanah perbukitan kembali turun dan menimbun jalan sekitar pukul 14.00 Wib. "Kita tunda sementara waktu, ada longsor susulan dan itu bisa mengancam keselamatan petugas," ujarnya saat dikonfirmasi Minggu (19/4/2020).


Hingga saat ini kondisi lalu-lintas disekitar lokasi putus total dan tidak bisa dilalui kendaraan dari arah padang maupun bukittinggi. "Kita tunda dulu, namun diupayakan evakuasi material longsor secepatnya," katanya



Dijelaskan M Luthfi AR Daerah tersebut merupakan kawasan rawan tanah longsor apabila curah hujan tinggi. Sebelumnya bencana yang sama juga terjadi pada minggu (5/4/2020) dengan panjang 10 meter dan ketinggian 4 meter.

Dengan kondisi curah hujan yang berpotensi terjadi hingga beberapa hari kedepan pihakmya mengimbau pengguna jalan dan masyarakat yang hendak melewati daerah itu meningkatkan kewaspadaan dan tidak melintas saat terjadi hujan.  MEI RIDWAN

About integritasmedia2016

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.