Payakumbuh Siapkan Petugas Angkut Sampah Khusus ODP COVID-19


Payakumbuh, integritasmedia.com - PEMERINTAH Kota Payakumbuh, menyiapkan enam becak motor dan petugas khusus yang akan bekerja untuk mengumpulkan sampah dari Orang Dalam Pengawasan (ODP) di daerah itu.

Wakil Wali Kota Payakumbuh Erwin Yunaz, Sabtu (4/4) mengatakan pengawasan dan penanggulangan untuk penyebaran COVID-19 harus tuntas, termasuk sampah dari ODP.

"Semangat ini lah yang akan kita pegang teguh bagaimana meyakinkan masyarakat kalau yang kita hadapi ini serius dan bukan main-main. Semoga semangat ini tertular kepada masyarakat kita," katanya.

Setiap petugas yang telah ditunjuk telah dilengkapi dengan Alat Pelindung Diri (APD) lengkap standar penanganan limbah tersebut. Serta cairan pencuci tangan dan sesuatu hal yang dianggap penting dalam menjalankan tugas, tambahnya.

"Jangan sembrono dan harus memerhatikan SOP nya, petugas kita ini mendapat jaminan khusus dari Pemko karena mereka bekerja penuh risiko," ujarnya lagi.

Sementara itu Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Payakumbuh Dafrul Pasi mengatakan pelayanan ini merupakan tindak lanjut dari Surat Edaran Menteri Lingkungan Hidup Nomor 2 Tahun 2020 dan tindak lanjut Edaran Gubernur Sumbar Tahun 2020 tentang pengolahan limbah infeksius dan sampah rumah tangga dari ODP COVID-19.

Ditambahkannya, untuk itu pihaknya sudah menunjuk petugas dan enam becak motor yang sudah dimodifikasi untuk melayani sampah ODP di Payakumbuh.

Sampah infeksius dari ODP tidak boleh dicampur dengan limbah orang lain. Penanganan untuk sampahnya pun akan dipisahkan sehingga nantinya tidak menjadi media baru untuk penyebaran COVID-19, tegasnya.

"Bahkan, seluruh becak motor yang digunakan oleh petugas khusus kita itu juga akan disemprotkan disinfektan setiap harinya. Petugas kita juga telah kita beri arahan apa saja yang harus dilakukan sebelum dan sesudah mengumpulkan sampah ODP," ujarnya mengakhiri. (ha)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama