payakumbuh

Komunitas Jurnalis Peduli Covid-19 Berikan Bantuan Kepada Masyarakat

Payakumbuh,Integritasmedia.com - Menanggapi perkembangan Pandemi COVID-19 yang tengah melanda dunia, khususnya Indonesia membuat seluruh lapisan merasakan dampaknya. Mulai dari pemerintah, kalangan atas hingga kalangan bawah.

Di Payakumbuh dan Lima Puluh Kota, dampak virus corona mulai terasa. Lesunya perekonomian membuat sebagian masyarakat, terutama kalangan bawah yang kesulitan mencari nafkah dan bertahan hidup di tengah wabah corona.

Melihat fenomena tersebut, Komunitas Jurnalis Peduli yang digawangi oleh Aking Romi Yunanda, Rino Chandra, Bayu Vesky, Arya, Ade Suhendra, Edward, Syafri Aryo, Antoni, Lili Yulianti dan kawan-kawan Balai Wartawan Luak Limpuluah mencoba ambil peran dan bagian. Bersama belasan Jurnalis di Luak Limo Puluah ini, mereka mencoba merajut dan menyalakan asa bagi masyarakat terdampak virus corona.

"Kami bersama para awak media di Payakumbuh dan Lima Puluh Kota membuka donasi dan ruang bagi siapa saja yang ingin berbagi. Donasi ini dapat disalurkan melalui  rekening BNI - 071 890 099 4 atas nama Aking Romi Yunanda atau bisa menghubungi nomor telepon dan WA di 0821 9956 6864," kata Aking serta Ade usai menyalurkan bantuan ke daerah Jorong Balai Talang, Kecamatan Guguak, Kabupaten Limapuluh Kota.

Komunitas Jurnalis Peduli di Luak Limopuluah sendiri telah menghimpun donasi sejak beberapa waktu lalu. Aking menjelaskan donasi yang  mencapai belasan juta tersebut akan dibelanjakan untuk sembako seperti beras, minyak goreng, gula, dan mie instant.

"Dana tahap awal ini terkumpul sekitar Rp15 juta dan kemudian kami belikan sembako. Alhamdulillah penyaluran bantuan telah dimulai sejak Sabtu 11 April 2020 kemarin di daerah Pangkalan dan sekitarnya," kata Aking didampingi Rino Chandra yang bertugas sebagai koordinator.

Ia menjelaskan untuk tahap kedua, penyaluran di lakukan kemarin Minggu 12 April 2020. Puluhan paket disalurkan ke beberapa titik di kecataman-kecamatan yang ada di Payakumbuh dan Lima Puluh Kota seperti di daerah Sicincin, Kecamatan Payakumbuh Timur.

"Kemarin titik yang dikunjungi ada di Tanjung Haro Selatan, Situjuah Tungkar, Balai Talang, Lareh Sago Halaban, dan beberapa titik lainnya. Hari ini kami berencana akan mengunjungi beberapa warga terdampak di Kota Payakumbuh seperti di Kotokociak Kubu Tapakrajo, Nunang Daya Bangun, Sungai Beringin, Bukik Limbuku, dan Suliki," ujarnya bersama Bayu Vesky dan Arya Gusman.

Untuk pendataan warga terdampak, Komunitas Jurnalis Peduli memberikan kesempatan kepada warga yang tidak mendapatkan bantuan dari pemerintah, khususnya dari dinas sosial. Kemudian warga tersebut dikatakannya diusulkan oleh jurnalis yang ada di Luak Limo Puluah dimana berada di sekitar rumahnya.

"Sebenarnya kami hanya sebagai penyampai amanah dari orang-orang yang telah menyalurkan donasi. Sebab sehari-hari kami selalu berinteraksi dengan masyarakat yang umumnya memiliki permasalahan ekonomi. Ditambah lagi, mungkin masih banyak juga warga yang belum tersentuh oleh bantuan pemerintah," kata Aking saat turun bersama salah seorang jurnalis senior di Luak Limo Puluah, Dodi Sastra dan Wakil Bupati Lima Puluh Kota Ferizal Ridwan.

Bantuan paket sembako ini secara keseluruhan berjumlah 100 paket. Hingga saat ini dikatakannya bahwa setengahnya dari jumlah tersebut sudah selesai disalurkan dan diterima oleh warga terdampak.

"Insya Allah setelah ini kami akan terus melanjutkan kegiatan lain dengan memberikan edukasi kepada masyarakat terkait penanganan Pandemi COVID-19. Mulai dari cara mencuci tangan yang benar, pola hidup bersih dan sehat serta edukasi lainnya kepada warga yang berada di sudut Payakumbuh dan Limapuluh Kota," katanya bersama Arya Irfanus. (*

About integritasmedia2016

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.