agam

Sekda Agam:Pelapa Sawit Memicu Banjir


IV Nagari Agam.INTEGRITASMEDIA.COM -
Banyak ditemui pelapah sawit yang dihanyutkan di air, dan diperkirakan juga banyak yang tertimbun , tentunya ini  juga akan memicu pendangkalan sungai,  selain dari itu, juga terjadi pendangkalan  muara Batang Sitanang yang masuk  ke Batang Bawan di daerah Kampuang Pili.

Pada lokasi pertemuan dua sungai tersebut , terjadi pendangkalan yang sangat serius sehingga aliran air dari batang sitanang masuk ke batang bawan menjadi macet, Banjir yang terjadi di Jorong Gantiang, Nagari Sitanang, Kecamatan IV Nagari, Kabupaten Agam  Provinsi Sumatera Barat ( SUMBAR)  Minggu (5/4/2020), Pemkab Kabupaten Agam mengimbau masyarakat untuk tidak membuang sampah hasil panen sawit ke badan sungai.

 Melaluai Sekretaris Daerah (Sekda) Agam, Martias Wanto mengatakan, saat  diruang Kerjanya , Senen, 6/4/2020 mengatakan  penelusuran bersama pemerintah kecamatan dan nagari, di sepanjang aliran sungai, didapati sampah pelepah sawit yang menumpuk di dasar dan di pinggir sungai.


"Pelepah sawit ini jika di dalam air akan sulit lapuk, jadi bisa mengakibatkan pendangkalan. Jika terus menerus dimasukkan ke dalam tidak tertutup kemukinan  sungai bisa mengakibatkan banjir," lanjutnya.

Dilanjutkan Martias, secara georgafis Jorong Gantiang merupakan langganan bencana banjir karena berada di pertemuan dua aliran sungai yaitunya sungai Batang Sitalang dan sungai dari Nagari Bawan.

Jika curah hujan tinggi, debit air meningkat akan di dua sungai dan meluap langsung ke pemukiman warga.

Untuk penanganan selanjutnya Pemkab  Kabupaten Agam Provinsi Sumatera Barat,   Menaruh harapan  kepada masyrakat ,  untuk sama sama menjaga sungai ini, dan tidak membuang sampah sejenis apapun , ke jalur sungai, terkait dalam masalah ini  Pemkab Kabupaten Agam akan melaporkannya ke Balai Wilayah Sungai Sumatera V untuk upaya normalisasi aliran sungai.

Di tambah kan ada pendangkalan badan sungai jadi harus segera dinormalisasi, kita upayakan secepat mungkin," tutupnya.Martias wanto kepada awak media ini,

(MEI RIDWAN)

About integritasmedia2016

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.