TURUNKAN 16 TIM MONITORING, BUPATI AGAM PASTIKAN PELAKSANAAN IBADAH RAMADHAN 1441 H, BERJALAN LANCAR

TURUNKAN 16 TIM MONITORING, BUPATI AGAM PASTIKAN PELAKSANAAN IBADAH

Agam ,Sumbar Integritas Media .Com  Memasuki hari ke 5 penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) Sumatera Barat, seiring dengan hari ke 3 pelaksanaan Ibadah Ramadhan 1441 H, relatif berjalan dengan lancar dan tertib di Kabupaten Agam. Kondisi ini disampaikan oleh masing-masing Tim Monitoring Pelaksanaan Ibadah Ramadhan 1441 H Kabupaten Agam yang menjalankan tugas dalam suasana pandemi covid-19.

Sama seperti tahun-tahun sebelumnya, tahun inipun Pemerintah Kabupaten Agam membentuk 16 Tim Ramadhan yang mengunjungi 40 Mesjid. Masing-masing tim diketuai oleh unsur Forkopimda, Forum Diskusi Politik, Sekretaris Daerah, dan Asisten Sekretariat Daerah. Tim yang dibentuk bertugas memontoring pelaksanaan ibadah Ramadhan di seluruh Nagari dan Kecamatan di Kabupaten Agam.

Namun berbeda dari sebelumnya, tahun ini selain melaksanakan monitoring ke lapangan, tim juga mengadakan pertemuan dengan beberapa tokoh masyarakat. Tim berdialog langsung dengan para pengurus mesjid, mushalla, dan surau terkait penanganan covid-19. Bupati Agam, Dr. H. Indra Catri Dt. Malako Nan Putiah mengakui, walau jumlahnya tidak begitu banyak, namun masih ada beberapa tempat ibadah yang melaksanakan shalat jumat dan tarwih berjamaah dalam suasana PSBB.

Indra Catri melalui Tim Monitoring Pelaksanaan Ibadah Ramadhan 1441 H Kabupaten Agam, tidak bosan-bosannya menyampaikan kepada Pengurus Mesjid/mushalla serta para jamaah agar bisa menahan diri serta mematuhi imbauan dan maklumat dari MUI dan Kementerian Agama.
“ kami berharap agar seluruh masyarakat mematuhi imbauan dan maklumat dari MUI dan Kementerian Agama. Untuk tahun ini, mari kita melaksanakan shalat jumat dan tarwih di rumah masing-masing,” ujar Indra Catri.

Mengenai hal ini Ketua Harian GTP2 Covid-19 Agam, H. Martias Wanto Dt. Maruhun menambahkan, bahwa sebetulnya ormas dan Lembaga Keagamaan Islam Kabupaten Agam dalam rapat bersama Kementerian Agama Kabupaten Agam, telah bersepakat untuk mendukung PSBB di Kabupaten Agam.

“ pada tanggal 20 April 2020 kemaren, ormas dan Lembaga Keagamaan Islam Kabupaten Agam sepakat mendukung sepenuhnya Pelaksanaan PSBB. Ini berarti, kegiatan ibadah berjamaah di mesjid dan di mushalla dialihkan pelaksanaan ke rumah masing-masing,” tegas Martias Wanto.

Selain bertemu dengan pengurus Mesjid, Tim Monitoring Pelaksanaan Ibadah Ramadhan 1441 H Kabupaten Agam juga melaksanakan peninjauan ke pasar tradisional atau pasar nagari dan berdialog dengan pengurus Pasar perihal penerapan protokol penanganan covid-19 yang mesti dilaksanakan oleh masyarakat. Terkait penyelenggaraan pasar tradisionil yang tidak mengindahkan protokol Penanganan covid-19 secara maksimal, Bupati Indra Catri mengaku sangat khawatir.

“Kita harus berkaca pada kasus yang terjadi di Pasar Raya padang serta Pasar Payakumbuh. Akibat tidak menindahkan aturan social dan physical distancing, puluhan pedagang Pasar Raya Padang dinyatakan positif covid-19, beberapa hari Pasar Raya ditutup, begitu juga dengan Pasar Payakumbuh,” imbuh Indra Catri.

Supaya hal yang sama tidak terjadi di Kabupaten Agam, Indra Catri memerintahkan kepada Gugus Tugas Penanganan covid-19, agar lebih tegas lagi dalam penerapan PSBB ini di lapangan.

“ini bukan hanya masalah Indra Catri bersama Trinda Farhan Satria selaku Bupati dan Wakil Bupati Agam, ataupun Irwan Prayitno bersama Nasrul Abit selaku Gubernur dan Wakil Gubernur Sumatera Barat. Namun jauh lebih penting dari itu, ini menyangkut nyawa masyarakat, nyawa anak kemenakan kita," tegas Indra Catri.

Lebih lanjut disampaikan Indra Catri, saat ini setidaknya terdapat 4 filter untuk menghambat penyebaran covid-19, yaitu pos pemantauan perbatasan provinsi, pos pemantauan Kabupaten, pos pemantauan Nagari, dan kesadaran dari masyarakat untuk menerapkan aturan social dan physical distancing.

“walapun sudah ada pos pantau provinsi dan Kabupaten, namun pemerintah nagari dan masyarakat tetap garda terdepan pemutus penyebaran covid-19. Untuk itu diminta agar pemerintah nagari dan seluruh masyarakat Agam memperkuat ketangguhan dalam memutus mata rantai penyebaran covid-19, dengan semakin tangguhnya nagari, insya allah transmisi penyebaran covid-19 di tingkat lokal, dapat ditekan mendekati zero,” pinta Indra Catri.

Ketua Harian GTP2 covid-19 Agam Martias Wanto, mengamini apa yang disampaikan oleh Bupati tersebut. Martias wanto menambahkan, jika transmisi lokal penyebaran covid-19 bisa dihambat, Kabupaten Agam relatif lebih aman.

“masyarakat Agam akan aman jika tidak ada yang datang membawa virus dan juga tidak ada yang pergi menjemputnya. Sehingga kita mempunyai waktu lebih untuk merancang fase recovery pasca covid-19 ini. Basamo awak lawan corona, “ tutup Martias Wanto.Mei Ridwan

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama