liputan khusus

Wako Mahyeldi Ambil Langkah Tepat, Masuk Kota Padang Wajib Pakai Masker

Walikota Padang Mahyeldi
Padang, integritasmedia.com - HARUS diakui, Waliota Padang ini selangkah lebih maju dari daerah lainnya. Misalnya saja soal kewajiban pemakaian masker bagi warga kota yang keluar rumah.
Pada Minggu, 5 April 2020, Walikota Mahyeldi telah memberikan instruksi agar orang yang masuk Kota Padang dan warga kota yang keluar rumah wajib memakai masker.

Instruksi lisan pada hari Minggu, 5 April 2020 itu ditindaklanjuti melalui Instruksi Walikota Padang bernomor 870.176/BPBD-Pdg/IV/2020. Kenapa dikatakan lebih maju, Presiden Jokowi sendiri baru mengumumkan kewajiban memakai masker pada Senin, 6 April 2020.

Saat dikonfirmasi kenapa mewajibkan warganya memakai masker, Walikota Padang Mahyeldi mengungkapkan, sebetulnya kewajiban memakai masker sudah diintruksikan jauh-jauh hari, hanya saja untuk masyarakat yang sakit saja supaya tidak lebih parah.

Walikota Padang Mahyeldi
"Karena di awal saya sampaikan yang sakit saja yang pakai masker, sekarang tidak. Semua orang yang keluar rumah wajib pakai masker dan masyarakat yang masuk Kota Padang juga wajib masker," ujar Mahyeldi di Padang, Selasa (7/4).

Keputusan tepat 'Buya' sapaan akrab Walikota Mahyeldi dalam melindungi warganya dari bahaya Covid-19 dengan mewajibkan pemakaian masker ini juga beralasan.

Dengan mewajibkan masyarakat memakai masker saat keluar rumah otomatis akan mendorong roda perekonomian masyarakat terutama bagi para pelaku UMKM yang membuat masker di Kota Padang.

Walikota Padang juga memberlakukan denda bagi masyarakat yang kedapatan tidak
memakai masker saat berpergian berupa membeli masker sebanyak dua buah. Satu untuk orang yang bersangkutan, satu lagi untuk masyarakat sekitarnya.

Keputusan orang nomor satu di Kota Padang itu, yang mewajibkan warganya memakai masker mendapat pujian dari sejumlah tokoh masyarakat, diantaranya Ketua DPD LMP Kota Padang Irwan Basir dan Ketua DMI Kota Padang Maigus Nasir.

Saat Wako Padang meninjau salah satu posko posko covid-19
Menurut Irwan, keputusan Walikota Mahyeldi sangat tepat dan bijaksana. Ditengah pandemi Corona ini sosok pemimpin yang seperti inilah yang sangat diperlukan. Pandai melihat situasi dan cepat mengambil keputusan.

"Kami salut langkah cerdas dan tepat yang dilakukan Walikota Mahyeldi dan perlu kita puji bersama, terbukti esok harinya pemerintah melalui Presiden Jokowi mengeluarkan perintah bagi warga negara Indonesia untuk wajib memakai masker untuk menangkal beredarnya secara meluas Covid-19," puji Irwan Basir Datuak Rajo Alam.

Sementara itu, Ketua DMI Kota Padang Maigus Nasir juga salut dengan langkah tepat walikota yang mengeluarkan instruksi warga Kota Padang wajib pakai masker yang masuk Kota Padang maupun bagi yang keluar rumah.

"Ini keputusan yang sangat tepat dan perlu ditiru oleh kepala daerah di Indonesia," sebut Maigus yang juga anggota DPRD Sumbar memberikan penilai an positif kepada Walikota Mahyeldi. (ha)

About integritasmedia2016

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.