Kota Bukittinggi

Pembagian BLT di Nagari Bukit Buai Tapan, Disuguhi Isak Tangis Warga


Tapan, integritasmedia.com – PEMERINTAH Nagari Bukit Buai Tapan Kecamatan Basa Ampek Balai Tapan, Kabupaten Pesisir Selatan, Propinsi Sumatra Barat, Kamis (20/5) mulai mencairkan bantuan langsung tunai (BLT) kepada ratusan warga miskin yang terdampak pandemi corona virus (Covid-19) di daerah itu. Bantuan diserahkan di aula kantor Wali Nagari setempat.

Hasil penelusuran integritasedia. com yang terjun langsung menghimpun acara kegiatan pemberian BLT kepada warga, alhasil sebanyak diperuntukkan bagi 92 kepala keluarga penerima manfaat (miskin) dari BLT Dana Desa.


Penyerahan bantuan tersebut dibenarkan oleh Wali Nagari Bukit Buai Tapam, Bustami, ia menjelaskan, total dana desa yang dialokasikan pada BLT dana desa tahap satu untuk bulan Mei sebesar Rp.55,200.000 dengan rincian Per KK mendapatkan Rp.600.000 yang akan di bagikan kepada  92 KK penerima manfaat, tersebar di dua kampung yang ada di nagari Bukit Buai Tapan.

Sementara kata Bustami, penerima BLT di Nagari Bukit Buai Tapan, secara keseluruhan warga yang mendapatkan bantuan BLT  berjumlah 290 KK, dengan rincian, bantuan PKH 37 KK,  Sembako 17 KK,  BLT Kemnsos 84 KK,  BLT PROPINSI 28 KK, BLT Kabupaten 32 KK terakhir BLT Dana Desa 92 KK. Jumlah Keseluruhan ada  290 KK terang Wali Nagari.

" Dana Desa wajib membawa sejumlah persyaratan, diantaranya KTP asli, foto kopi KTP dan KK untuk mencairkan bantuan tersebut."

Tiap penerima manfaat BLT, kata dia, dibatasi masuk ke dalam ruangan, yaitu dengan cara melalui HP, atau dengan pemberitahuan sebelumnya,  orang per sesi dengan posisi kursi diberi jarak sekitar satu meter lebih. “Mereka wajib pakai masker. Ini mengacu pada protokol kesehatan dalam rangka pencegahan Covid-19,” jelas Bustami.

Sementara itu, Camat BAB Tapan, Aflizen,S.Sos  mengatakan, penyerahan bantuan sosial BLT ini oleh pemerintah akibat dampak pandemi Covid-19. Ekonomi masyarakat mengalami kelesuan sehingga banyak masyarakat menjadi rentan miskin.

“Ini penyerahan BLT yang di selenggarakan di Kecamatan Basa Ampek Balai Tapan, dari 10 Nagari, termasuk urutan yang ke dua, yang sebelumnya pembagian BLT di Laksanakan di Nagari Ampang Tulak Tapan. Penerima didata oleh relawan Covid-19 nagari. Warga yang sudah menerima BLT dana desa, tidak berhak lagi menerima bansos lainnya dari pemerintah,” tegas Aflizen


Ia pun meminta, penyaluran bantuan sosial itu diawasi. Termasuk para penerima bantuan. Bagi warga yang menerima bansos double, Aflizen  berharap segera dilaporkan ke Nagari setempat. “Bansos ini, tolong dimanfaatkan sebaik-baiknya, untuk keperluan sehari hari. Tidak boleh ada warga yang double-double menerima. Kalau ada segera dilaporkan,” tegas dia.

Untuk mencegah penyebaran Covid-19 ia mengimbau, warga taat pakai masker setiap keluar rumah, bersihkan pekarangan, selalu cuci tangan, hindari berkumpul dengan banyak orang, apa lagi mau memasuki hari Raya Idul Fitri, mari sama sama kita jaga keamanan dan selalu mentaati aturan PSBB,imbuh Camat akhirnya.

Di tempat terpisah, warga berinisial, Jalinar dan Aswarni , pekerjaan tani, penerima bantuan BLT dari Dana Desa ketika di konfirmasi awak media ini mengatakan, Alhamdulillah, terimakasih banyak pada pemerintah terutama pemerintah wali nagari bukit buai Tapan, yang telah memyalurkan bantuan uang tunai sebanyak Rp.600,000.

Lanjutnya ,dengan adanya bantuan ini sangat membantu sekali, apa lagi pada saat bulan puasa, dan mau mendekati hari Raya Idul fitri, untuk membeli kebutuhan pokok, seperti membeli  sembako , baju lebaran anak- anak, dan untuk keperluan lebaran besok, ini sudah sangat membantu sekali, trimakasih Pada Pemerintah, dan Pak Wali Nagari Bukit Buai Tapan. yang selalu ramah dan peduli terhadap wargamya, sambil terseduh-seduh meneteskan air mata, sekali lagi Terimakasih banyak pada pemerintah. (yadi)

About integritasmedia2016

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.