liputan khusus

Tanah Datar Raih Opini WTP Delapan Kali Berturut-turut


Batusangkar, integritasmedia.com – KABUPATEN Tanah Datar kembali meraih sekaligus mempertahankan opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) untuk kedelapan kalinya secara berturut-turut, penilaian paling diidamkan institusi pemerintah dalam pengelolaan keuangan dan aset.

Opini WTP untuk Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) Tahun Anggaran 2019 ini, diserahkan langsung Kepala Perwakilan BPK RI Sumbar Yusnadewi, Jumat (15/5), di ruangan pertemuan Gedung BPK Perwakilan Sumbar di Padang.
Opini WTP diterima Ketua DPRD Tanah Datar H. Rony Mulyadi Dt Bungsu didampingi Bupati Tanah Datar diwakili Sekda Irwandi.


Turut hadir pada kesempatan itu Asisten Administrasi Umum Helfy Rahmy Harun, Inspektur Altri Suandi, Kepala Badan Keuangan Daerah Adrion Nurdal dan sejumlah pejabat terkait di lingkungan Pemkab Tanah Datar.

Yusnadewi memujikan kinerja Pemkab Tanah Datar dalam mengeloLa keuangan dan aset daerah. Apalagi, ujarnya, meraih sembilan kali opini WTP, delapan kali di antaranya diterima berturut-turut setiap tahun, itu, membuktikan komitmen upaya nyata pemerintah daerah dengan DPRD untuk terus mendorong perbaikan pengelolaan keuangan daerah di Tanah Datar.

“Opini WTP yang diperoleh untuk LHP Tahun Anggaran 2019 ini merupakan momentum terbaik bagi Pemkab Tanah Datar. Opini tersebut menjadi kebanggaan bersama, bukan hanya bagi pemerintah daerah, tetapi juga bagi kami di jajaran BPK RI yang punya visi menjadi pendorong pengelolaan keuangan negara melalui pemeriksaan yang berkualitas dan bermanfaat,” ujarnya

BPK memberi apresiasi luar biasa terhadap Pemkab Tanah Datar, menurut Yusnadewi, karena dalam dua tahap penerapan pelaporan keuangan dan aset pemerintah, menggunakan sistem aktual, opini WTP tetap diraih, walaupun diselenggarakan dengan mengikuti protokol kesehatan Covid-19.

Diakui, kinerja Pemkab Tanah Datar di bawah kepemimpinan Bupati Irdinansyah Tarmizi dan Wakil Bupati Zuldafri Darma dalam mengelola keuangan terbilang terbaik di Sumbar, namun perlu juga diingat, BPK masih menemukan permasalahan yang perlu ditindaklanjuti secepatnya dalam 60 hari setelah LHP diserahkan.

Bupati Tanah Datar diwakili Sekda Irwandi dan Ketua DPRD H. Rony Mulyadi Dt. Bungsu mengaku amat bersyukur atas rahmat Allah SWT yang diberikan kepada jajaran Pemkab Tanah Datar, sehingga opini WTP yang sudah berulang kali diperoleh, kini kembali diterima untuk kedelapan kalinya secara berurut-turut.

“Ini hadiah terindah untuk pemerintah dan masyakakat Tanah Datar di saat bulan Ramadhan 1441 H. Semoga raihan opini WTP ini menjadi motivasi bagi segenap jajaran pemerintahan untuk meningkatkan kinerja, walaupun saat ini kita dihadapkan pandemi Covid-19," ucap Irwandi.

Secara khusus, H. Rony tambahkan, menyampaikan ucapan terima kepada segenap jajaran BPK, karena telah melakukan pemeriksaan secara jelimet terhadap pengelolaan aset dan keuangan yang menjadi tanggung jawab Pemkab Tanah Datar. “Sehubungan dengan LHP dari BPK Perwakilan Sumbar akan kami tindalanjuti bersama bupati,” ucapnya.

Di kesempatan terpisah Bupati Tanah Datar Irdinansyah Tarmzi menyampaikan terima kasih dan apresiasi atas prestasi yang diraih ini.

“Keberhasilan pemerintah Kabupaten Tanah Datar memperoleh opini WTP delapan kali berturut-turut adalah prestasi bersama, prestasi pemerintah daerah, DPRD dan dukungan masyarakat. Untuk itu kami mengucapkan terima kasih,” sampai bupati.

Terima kasih juga disampaikan bupati kepada seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang telah bekerja keras. “Buah kerja sama dan komitmen yang kuat, kita kembali meraih WTP untuk ke-9 kalinya. Opini WTP pertama diraih pada tahun 2009 dan dapat kita pertahankan untuk kedelapan kalinya secara berturut-turut dari 2012, 2013, 2014, 2015, 2016, 2017, 2018 dan 2019 ini,” pungkasnya. (ha)

About integritasmedia2016

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.