Persiapan Penanaman Perdana PSR, Distan Bengkalis Langsung Cek Bibit Sawit, Idris Mengaku Puas


PEKANBARU,Integritasmedia.com -Kepala Dinas Pertanian (Kadistan) Kabupaten Bengkalis, Provinsi Riau, H Tarmizi SP MSi langsung turun ke penangkaran bibit sawit bersertifikat Udaya Lohjinawi, Desa Serosah, Kecamatan Hulu Kuantan, Kabupaten Kuantansingingi.

Kedatangan Kepala Dinas Pertanian Bengkalis ini, untuk pengecekan bibit kelapa sawit secara langsung yang akan digunakan untuk kegiatan Peremajaan Kelapa Sawit Rakyat (PSR), di Desa Muara Dua, Kecamatan Siak Kecil, Kabupaten Bengkalis tahun 2020 ini.

Didampingi Kabid Perkebunan, Dinas Pertanian Bengkalis Rusmadi, Ketua Kelompok Tani Raih Kemenangan, Sekertaris Wahyudi, dan Bendahara Mukhsinin.

Terlihat juga saat itu Kepala Desa Muara Dua,Kecamatan Siak Kecil Kabu Bengkalis, Eko Riyono.

Tarmizi dan rombongan,di lokasi penangkaran berkeliling melihat bibit sawit yang tumbuh baik dan terlihat berkualitas.

Disisi lain, terlihat hamparan bibit kelapa sawit yang memiliki bentuk batang bawah yang gemuk dan pendek.

Memiliki warna radikula yang kekuning-kuningan mendekati hijau, calon batang dan calon daun yang bersih keputih-putihan.

Kemudian, bibit kelapa sawit memiliki bentuk anak daun yang melebar, tak kusut dan tidak menggulung.

"Untuk penanaman perdana PSR di Bengkalis dilaksanakan di Desa Muara Dua, Kecamatan Siak Kecil. Makanya kami turun langsung bersana Kelompok Tani Raih Kemenangan, " ujar Tarmizi, Rabu (3/6/2020).

Kunjungan kerja ini, sebut dia, dalam rangka mensukseskan program penanaman kembali (replanting) kelapa sawit yang akan implementasikan di Bengkalis dalam waktu dekat ini.

Dikatakan, PSR ini ditujukan kepada para petani yang memiliki lahan maksimal 2 hektar (Ha), untuk meningkatkan jumlah produksi para petani serta meningkatkan kesejahteraan petani.

"Kita ingin bibit yang ditanam adalah bibit berkualitas dan tingkat produksinya kedepan meningkat. Melihat penangkaran ini saya puas, " ungkapnya.

Sementara itu Ketua Kelompok Tani Raih Kemenangan, Idris mengaku, merasa puas dengan melihat bibit ini secara langsung.

"Benih yang dihasilkan di lokasi ini terlihat berkualitas. Dan saya puas. Kami berharap dapat meningkatkan produktivitas ditengah keterbatasan lahan sekarang ini," ungkapnya

Kepala Desa Muara Dua,Kecamatan Siak Kecil Kabu Bengkalis, Eko Riyono menyebutkan, setelah b erkeliling melihat penangkaran ini puas sekali.

"Bibitnya terlihat berkualitas.
Kita datang melihat. Dan berharap bisa mendapatkan bibit berkualitas dengan kuantitas produksi yang tinggi. Saya pribadi sang at puas, " ujarnya.***

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama