limapuluhkota

Samnag Dan Samkel Telah Beroperasi Kembali Dimasa New Normall

Limapuluhkota, Integritasmefia. Com - Kabar gembira untuk masyarakat Kabupaten Limapuluhkota, pasalnya Samsat Keliling atau Samsat Siaga serta Samsat Nagari sudah kembali beroperasi, Selasa (16/06/2020) untuk Samkel serta Samnag(Samsat Nagari) yang mulai beroperasi Kamis 18/06/2020.

Pada masa New Normal, Samsat Keliling di Limapuluhkota tersebar di beberapa lokasitelah mulai beroperasi diantaranya : Kec.Mungka,Kec.Pangkalan,Kec.Gunuang Omeh di Nagari Maek, dan Kec. Kapur IX Nagari Muaro peti,sedangkan untuk Samnag di Nagari Limbanang.

Kepala UPTD Samsat Limapuluhkota Haliman yang didampingi Plt Ktu Abral mengatakan bahwa Samkel dan Samnag yang berada dibeberapa lokasi tersebut melayani sejak pukul 08.00 WIB hingga 12.00 WIB untuk pendaftaran administrasi sedangkan untuk jam kerja s/d 16.00WIB.  Untuk pelayanan Samsat Nagari di Nagari Limbanang pelayanannya dari hari Senen s/d hari Kamis sedangkan untuk Samkel dilaksanakan 1 kali dalam sebulan di empat lokasi tersebut dan dilaksanakan bergantian tiap minggunya.

Lebih lanjut disampaikannya bahwa dalam pelayanan tersebut  masyarakat yang hendak melakukan pembayaran pajak kendaraan bermotor di Samsat Keliling dan Samsat Nagari tersebut harus mematuhi protokol kesehatan yang sudah diterapkan.


"Beberapa protokol kesehatan yang harus dipatuhi adalah wajib jaga jarak, memakai masker, memakai hand sanitizer yang sudah kita sediakan," jelasnya.

Sempat mandeg, layanan Samsat Keliling (Samling) dan Samneg sebelumnya, layanan mobile yang biasanya standby di beberapa lokasi wilayah Kabupaten Limapuluhkota  secara terjadwal itu dihentikan sementara karena penyebaran Covid-19.

Selain Samling, Samsat Nagari di Limbanang  juga telah membuka layanan untuk melayani pembayaran pajak kendaraan bermotor (PKB) masyarakat.

“Samkel dan Samnag layanan pembayaran pajak kendaraan bermotor itu sekarang sudah kembali dioperasikan. Sehingga diharapkan dapat meminimalisir kerumunan wajib pajak di kantor Samsat Induk,” ujar Haliman,Kamis kemaren.

Protokol kesehatan secara ketat bagi wajib pajak maupun para pegawai Samsat

Dimana di tempat pelayanan itu disediakan, hand sanitizer, melakukan pengecekan suhu tubuh kepada wajib pajak, mewajibkan penggunaan masker, serta menerapkan physical distancing di area pelayanan. “Kita tetap menerapkan SOP kesehatan untuk memutus mata rantai penyebaran virus corona,” jelasnya.

Kembali beroperasinya layanan langsung PKB ini disambut positif oleh masyarakat. Mereka mengaku keberadaan Samsat Keliling, Samsat Nagari,sangat membantu wajib pajak yang hendak membayar pajak kendaraan tanpa harus jauh-jauh ke kantor Samsat induk di daerah Nagari Sarilamak.

“Sekarang aktivitas masyarakat di batasi karena ada penerapan New Normal. Ke Samsat Induk jauh belum lagi nanti kena razia. Enak di Samling dan Samnag, pelayanannya lebih cepat, mudah dan hemat bensin, ujar Edi, masyarakat yang sedang membayar pajak di  Samsat Nagari Limbanang. (Antoncino)

About integritasmedia2016

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.