payakumbuh

Payobasung Berbenah, PKK Wujudkan Sampah Jadi Berkah

Payakumbuh,Integritasmedia.com --- Dalam rangka mendukung kampung tangguh Kelurahan Payobasung, Ketua TP PKK Kota Payakumbuh Ibu Hj. Henny Riza Falepi melaunching Bank Sampah dengan nama Mancang Labu yang dikelola oleh Ibu-ibu PKK bersama Karang Taruna Payobasung, Senin (27/7).

Lunching bank sampah ini ditandai dengan penyerahan buku tabungan nasabah dan karung goni sebagai tempat pemilahan di rumah masing-masing yang diserahkan oleh Henny kepada Direktur Bank Sampah Mancang Labu ibu Nel.

Dalam sambutannya, Henny menyampaikan pola hidup masyarakat harus berubah, sampah tidak boleh lagi dibuang sembarang tempat, tidak boleh lagi berserakan dijalan-jalan, sampah harus dikelola dan pengelolaan itu ada dirumah tangga masing-masing.

"Masyarakat Payobasung yang dikenal peduli dan mau berbuat diharapkan sekali bisa menjadi contoh dalam pengelolaan sampah di rumah tangga," kata Henny.

Senada dengan Ketua TP PKK itu mewakili Kadis Lingkungan Hidup Dafrul Pasi, Kabid LH Yunimar alias Amak menyampaikan kalau ibu-ibu PKK Kelurahan Payobasung serius, maka Dinas Lingkungan Hidup siap untuk selalu melakukan pembinaan.

"Sebagai bentuk dukungan awal Dinas Lingkungan Hidup memberikan karung goni untuk memilah sebanyak 50 helai kepada warga Payobasung yang ikut dalam program bank sampah ini disamping fasilitas lain seperti mesin jahit, timbangan yang ada di bank sampah," kata Amak.

Dalam kegiatan ini juga hadir narasumber yang sudah biasa bergelut dan jadi pengusaha sampah yaitu ibu Minda. Dalam materinya ibu Minda menjelaskan semua sampah bisa dikelola dan untuk jenis sampah plastik semuanya bisa ditabungkan ke bank sampah dan beliau siap untuk menampungnya.

Usaha yang digeluti ibu Minda ini sudah ada dalam bentuk pengolahan sampah plastik seperti kresek, bungkusan shampo dan lainnya diolah menjadi paving block.

Atas nama masyarakat Payobasung, Lurah Payobasung Ade Vianora,SE, Ketua LPM Erry S Djarens, Ketua Gebu Maiaidil dan Teti yang mewakili Ketua PKK Desfitawarni, SSTP yang berhalangan hadir, serta puluhan pengurus PKK dan Karang Taruna yang hadir menyampaikan terimakasih kepada Ibu Henny yang telah mendukung kegiatan PKK Kelurahan Payobasung dan meminta agar terus dibina oleh PKK Kota dan instansi terkait.

Disampaikan juga oleh Ade Vianora selaku Lurah, kedepan tabungan sampah melalui bank sampah dari warga ini akan dijadikan sebagai pembayar Pajak Bumi dan Bangunan (PBB), sehingga masyarakat secara tidak lansung sudah tidak terbebani lagi untuk bayar pajak tanah, rumah atau sawahnya dan disisi pemerintahnya target realisasi PBB dapat ditingkatkan.

"Kegiatan lain yang telah dilakukan Payobasung untuk pengelolaan sampah plastik adalah bagi warga yang berurusan ke kantor lurah membawa sampah plastik yang dipungut di jalan yang ada di Payobasung, dan dalam setiap kegiatan apakah rapat atau pertemuan tidak boleh lagi memakai minuman dalam kemasan tapi harus pakai gelas," kata Lurah Ade yang merupakan Ketua Karang Taruna Kota Payakumbuh.(A)

Melalui telepon genggamnya Camat Payakumbuh Timur Irwan Suwandi, SN, S.IP mendukung dan mengharapkan kelurahan lain yang ada di Payakumbuh Timur juga bisa membuat bank sampah di kelurahan masing-masing sehingga kedepannya tidak banyak lagi sampah yang diangkut oleh bentor ke TPA karena sudah terkelola dengan baik ditingkat kelurahan.

About integritasmedia2016

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.