liputan khusus

BPJN Sumbar, Puji Kinerja Satker PJN II Dalam Mengatasi Longsor di Kelok Jariang


Padang, integritasmedia.com - CURAH dan intesitas hujan yang cukup tinggi di wilayah kota Padang dan sekitarnya pada Rabu dan Kamis (9-10/9)  yang mengakibatkan terjadinya longsor di kawasan Kelok Jariang, Kecamatan Bungus Teluk Kabung.

Longsor yang membawa sedimen tanah, lumpur, bebatuan dan pepohonan ini telah mengakibatkan kemacetan panjang pada ruas jalan utama Padang-Pesisir Selatan itu.

Tidak mau mengganggu aktifitas dan mobilitasi  masyarakat pada ruas jalan tersebut, material longsor yang menutupi badan jalan diantisipasi dengan cepat oleh BPJN III dibawah komando Bambang Pardede.

"Material longsoran berupa tanah liat, lumpur dan pepohonan langsung disapu bersih excavator. Macet yang tidak kurang dari 3 km itu, dapat diatasi dalam waktu tidak terlalu lama karena kesigapan petugas," ungkap Oyon salah seorang warga Painan yang ikut terjebak dalam kemacetan tersebut.


Kepala BPJN Sumbar Bambang Pardede didampingi Kasatker PJN II Elsa Putra Friandi dan Kasatker PJN Yudho Dwi Hardianto, PPK 2.3 Suaidi menerangkan, longsor yang terjadi diruas jalan nasional Kota Padang menuju Kabupaten Pesisir Selatan, tepatnya di km 25+600 terjadi pada dua titik.

"Curah hujan dengan intensitas tinggi dan dalam jangka waktu yang lama (lebih dari 3 jam) inilah yang mengakibatkan longsor tersebut dan membuat tergganggunya arus lalu beberapa jam," tambahnya.

Bambang juga mengatakan, paginya  dilakukan sistem buka tutup dalam melancarkan lalu lintas yang sempat mengantri. Sebelum tengah hari lalu lintas sudah normal kembali dan sudah dibuka dari kedua arah.

“Dengan adanya cuaca perubahan di wilayah Sumatera Barat secara umum, BPJN Sumbar akan lebih mempersiapkan personil dan peralatannya, sehingga ke depannya akan lebih sigap dan cepat apabila terjadi bencana longsor seperti ini lagi," tambahnya.

“Secara khusus Kepala BPJN Sumbar yang baru menjabat beberapa bulan ini, mengapresiasi kinerja Satker PJN II, Elsa Putra Priandi dan PPK 2.3 Suaidi. Sebab dengan kesigapan, mereka mampu melakukan tindakan cepat agar material bisa terangkat dari jalan dan lalu lintas pulih dengan cepat," puji Bambang.

Ditambahkan Bambang, berkat koordinasi yang baik dengan pihak aparat terkait untuk menggerakan personil PUPR di lingkungannya, termasuk menggerakan semua potensi, kejadian ini dapat dituntaskan tanpa kendala.

“Termasuk melaporkan kepada kami sebagai penanggung jawab provinsi, sehingga material longsor bisa segera disingkirkan dan arus lalu lintas dapat berjalan dengan normal kembali,” katanya.

Bambang juga berharap kepada Satker dan PPK untuk terus meningkatkan etos kerja dalam mengantisipasi longsor susulan maupun pada lokasi lain, karena akhir-akhir ini curah hujan cukup tinggi dan sangat rentan mengakibatkan longsor, akhir Bambang. (ha)

About integritasmedia2016

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.