payakumbuh

KPU Kota Payakunbuh Gandeng PWI Dalam Rangka Sosialisasikan Pilkada Serentak


Payakumbuh, Integritasmedia.com - Dalam rangka mendongkrak partisipasi Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) pemihan Gubernur/Wakil Gubernur Sumatera Barat yang akan dilaksanakan 09/12/2020 mendatang, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Payakumbuh bekerjasama dengan Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kota Payakumbuh, menggelar sosialiasi yang di ikuti oleh awak media yang dilaksanakan di aula KPU Kota Payakumbuh Sabtu (31/10/2020.


Ketua KPU Kota Payakumbuh mengatakan untuk mensuseskan dan meningkatkan partisipasi pada Pilgub mendatang, KPU Kota Payakumbuh juga bekerjasama dengan sejumlah elemen masyarakat termasuk unsur pemuda dan pelajar di kampus-kampus.


“Saya berharap partisipasi masyaraysrakat  pada Pemilihan Gubernur/Wakil Gubernur Sumatera Barat akan tercapai secara msksimal,walaupun dalam masa pandemi covid-19,ujar Haidi Mursal.


“Saya berharap pada rekan-rekan pers, untuk menyampaikan dan menyebar luaskan tentang pelaksanaan Pikada 2020 mendatang,” ungkapnya.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Payakumbuh sebagai penyelenggara Pemilu (Pilwali) berjanji berusaha maksimal melindungi masyarakat agar tidak tertular virus corona (Covid-19), sehingga membuat klaster baru saat pencoblosan pada 9 Desember 2020 nanti.

Pemilu ditengah Pandemi Corona,  makin berat. Sebab yang dikerjakan bukan saja pelaksanaan Pemilu harus sukses, disisi lain masyarakat juga harus dilindungi. Kuncinya, masyarakat juga harus taat mengikuti prokes (protokol kesehatan) saat coblosan.

 Gebriel Daulay divisi perencanaan data dan informasi KPU Sumatera Barat, saat melakukan sosialisasi Pemilihan Gubernur  dan Wakil Wakil Gubernur Sumatera Barat bekerjasama dengan PWI Jatim yang bertema dalam rangka peningkatan partisipasi masyarakat dalam pemilihan gubernur dan wakil gubernur Sumatera Barat tahun 2020. 

Kami berkomitmen meminimalisir penularan Covid-19, karenanya ada tahapan tahapab yang ketat sesuai protokol kesehatan. Kerjasama kami lakukan dengan Kepolisian untuk kampanye, dan dengan pihak Satgas Covid-19 untuk pentahapannya mulai pendataan, pendaftaran, pencoblosan hingga saat penghitungan suara.

Meski dalam kondisi covid-19, acara tetap berlanjut dengan menggunakan protokol kesehatan. Adapun yang menjadi narasumber adalah Gabriel Daulai dari KPU Provinsi Sumatera Barat, Dan Hary Evendi Iskandar, S. S., M.A. sebagai pengamat. 

Lebih lsnjut disampsikab Gabriel Dauley yang juga sebagai moderator menyampaikan pelaksanaan tahapan pemilu dan juga meningkatkan partisipasi masyarakat dalam pemilihan gubernur dan wakil gubernur Sumatera Barat ini. 

"Dilihat dari tahun 2015, jumlah partisipasi pemilih di kota Payakumbuh ini hanya 51,2%, dan partisipasi untuk semua masyarakat di Sumatera Barat ini hanya 59,28%, ini adalah pemilihan normal tanpa adanya covid-19. Untuk sekarang menjadi PR bagi kita semua, bagaimana caranya meningkatkan partisipasi di kondisi pandemi Covid-19 ini". Katanya menjelaskan. 

Lebih lanjut Gabriel menjelaskan, yang penting di ketahui oleh seluruh masyarakat adalah jangan takut akan covid-19.

"Untuk saat ini, tidak hanya aspek teknis yang kami sosialisasikan, juga aspek kesehatan yaitunya Covid-19. Untuk sekarang, maksimal pemilih TPS hanya 500 Orang yang awalnya 800 orang. Saat protokol kesehatan dijalankan, Itu tidak ada ruang bagi penyebaran covid-19, jadi kepada seluruh masyarakat, saya harapkan jangan takut untuk ke TPS dan jangan lupa dengan protokol kesehatan Covid-19." tutupnya. 

Hary Evendi Iskandar, S. S., M.A. yang menjadi moderator kedua memaparkan apa yang menyebabkan kesadaran pemilih kurang, dan apa yang harus kita lakukan agar kesadaran pemilih untuk memilih itu menjadi naik. 

"Meningkatkan kesadaran pemilihan masyarakat itu bukanlah hal yang sangat mudah. Itu harus melalui kerjasama kita semua baik itu KPU, Wartawan, dan seluruh masyarakat. Caranya yaitunya memberikan pelajaran dan pemahaman yang baik kepada masyarakat, baik itu mengenai kesehatan, tahapan pemilihan, kesadaran pemilih, dengan begitu saya rasa kesadaran masyarakat akan meningkat." Tutup Hary.

(Ketua PWI Kota Payakumbuh Yusrizal mengungkapkan, pers merupakan sarana yang tepat dan cepat untuk menyampaikan kepada masyarakat, tentang pelaksanaan pemilihihan Gubernur dan Wakil Wakil Gubernur Sumatera Barat pada 2020 mendatang dalam masa pandemi covid-19 yang melanda seantaro dunia,ujar Yusrizal.(Antoncino)


About integritasmedia2016

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.