pendidikan

MTs-SMK Zamiga Berdayakan Organisasi Siswa untuk Kemajuan

Pasaman Barat, integritasmedia.com - PIMPINAN Zamiga Islamic Boarding School, Irti Zamin, SS melantik kepengurusan Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS) tingkat MTs–SMK Zamiga dan Organiasi Santri Pondok Pesantren (Ponpes) Zamiga Parit Koto Balingka Kabupaten Pasaman Barat (Pasbar). 

Ada tiga organisasi yang dibentuk dan diaktifkan di lingkungan Ponpes Zamiga. Yakni Osis MTs, Osis SMK, dan Osis gabungan kedua tingkatan yang merupakan santri Pondok Pesantren yakni Organisasi Santri Pondok Pesantren Zamiga (OSPEZA).

Pelantikan ditandai dengan penyerahan SK kepengurusan, yang diserahkan pada ketua masing–masing organisasi. Untuk Ketua OSPEZA, Tria Fitri Utami diserahkan oleh Pimpinan Zamiga, Irti Zamin, SS. Sedangkan untuk Ketua Osis SMK, Alhuda Mukhtar diserahkan oleh Wakil Kepala, Indra Yaman, S.PdI. Serta untuk Ketua Osis MTs Zamiga, M. Rasihan Anwar diserahkan oleh Pembina Osis, Rangga Sastra.

Terbentuknya ketiga organisasi itu, sesuai hasil musyawarah para siswa bersama guru pembina pada tanggal 6 November 2020. Dengan menghadirkan perwakilan masing-masing kelas yang ada.

Dalam pelantikan yang diadakan usai Upacara Bendera, Senin  (9/1) itu, Irti Zamin menyebutkan bahwa dengan aktifnya organisasi siswa atau santri di Lembaga Pendididikan Zamiga, diharapkan dapat berdampak baik untuk kemajuan lembaga pendidkan MTs dan SMK berbasis pesantren tersebut.

“Melalui pemberdayaan organisasi siswa atau santri, diharapkan akan semakin mensukseskan program dan kegiatan pendidikan di Zamiga, serta penegakan disiplin yang kian baik. Selain itu, melalui organisasi santri, akan tumbuh kepedulian pada sekolahnya dan juga pembelajaran berorganisasi sebagai bekal masa depan mereka kelak, " kata Irti.

Dijelaskan, diaktifkannya organisasi pada Pondok Pesantren Zamiga, mempunyai dampak positif bagi anggota organisasi agar terlatih untuk mengurus suatu hal. Juga menjadikan para santri lebih terarah karena sudah ada yang mengaturnya dan menjadi lebih bisa bertanggung dan lebih disiplin.

Selain itu, OSIS juga bisa menjadi sarana komunikasi antara para siswa. Serta bisa pula menjembatani komunikasi antara siswa-siswi dengan pihak sekolah. (ha)

About integritasmedia2016

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.