Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

MITRA

Iklan

Iklan

iklan banner

Tag Terpopuler

Irwan Basir Pimpin Apel Siaga Kewaspadaan Dini Antisipasi Bencana

Kamis, 10 Desember 2020 | Desember 10, 2020 WIB | 0 Views Last Updated 2020-12-10T13:45:28Z

Padang, integritasmedia.com - KABID Linjamsos Dinas Sosial Provinsi Sumatera Barat, Irwan Basir Dt. Rajo Alam, SH, MM, pada Kamis (10/12) memimpin Apel Siaga Kewaspadaan Dini Antisipasi Bencana di kompleks kolam pancing Padang Fishing Club di Kuranji, Kota Padang.

Apel ini diikuti oleh personel Taruna Siaga Bencana (Tagana) dari 19 kabupaten/ kota se Sumbar.

Dalam kegiatan Apel tersebut juga terlihat hadir Iskandar, S.Pd Kasi Perlindungan dan Jaminan Sosial Dinas Sosial Provinsi Sumatera Barat.

Irwan Basir dalam amanatnya mengatakan, apel siaga bencana dilakukan sebagai bentuk kesiapsiagaan pemerintah dalam antisipasi penanggulangan bencana, dikarenakan 75 persen wilayah Sumbar merupakan daerah rawan bencana.

Ditambahkan Irwan Basir, meski bencana masih dalam skala kecil, kesiagaan dan pengecekan peralatan harus dilakukan, sehingga saat terjadi bencana, semua komponen sudah siap. Tidak hanya petugas, tetapi juga peralatan pendukung.

“Peralatan dan kesiapan ini sudah cukuplah, yang kita harapkan bencana tidak terjadi di daerah kita ini. Namun kita terus berupaya sekuat tenaga untuk pengoptimalkan potensi yang ada,” katanya.

Disampaikannya juga, sampai saat ini Sumatera Barat belum menerima distribusi logistik dari Pusat, untuk itu dia berharap kepada Kabid dan Kasi Kebencanaan Dinas Sosial Kabupaten/Kota untuk dapat memberdayakan sumber daya yang ada, karena ini sudah menjadi wewenangnya termasuk dengan keberadaan Tagana.

Dan kepada seluruh anggota Tagana agar dapat selalu menjaga komunikasi dengan kepala dinas, kabag dan kasi kebencanaan di masing-masing Dinsos kab/kota untuk mendukung kelancaran aktifitas di lapangan. 

“Penanggulangan bencana merupakan tanggungjawab bersama. Kami atas nama pemerintah mengucapkan terima kasih, karena Tagana masih bisa untuk berdiri terdepan dalam penangulangan bencana, seperti di masa pandemi ini.

“Untuk itulah apel ini digelar, yakni memantapkan sinergitas Tagana dengan semua pihak," akhir Irwan Basir.(ha)

Liputan Khusus

Bedah Kasus

Pendidikan

Hukum dan Kriminal

×
Berita Terbaru Update