padang

Berpatisipasi Lestarikan Permainan Anak Nagari, Ketua DPD LPM Kota Padang Sediakan Piala Bergilir

Padang, integritasmedia.com - PERMAINAN layang-layang di Sumatera Barat telah menjadi budaya sebagai permainan anak nagari yang patut untuk dilestarikan. Seperti yang dilakukan oleh anak nagari Kampung Tanjung, Kelurahan Lubuk Begalung Nan XX, Kecamatan Lubuk Begalung, Kota Padang, yang telah mengadakan pertandingan anak nagari layang-layang apik pada Minggu (6/12).

Melihat hal baik tersebut, Ketua DPD LPM Kota Padang Irwan Basir Dt. Rajo Alam, SH, MM ikut ambil bagian dan berpatisipasi.

Kali ini, dengan menyediakan piala bergilir Ketua DPD Kota Padang Irwan Basir Dt. Rajo Alam, pada pertandingan yang dihelat pemuda Kampung Tanjung itu dan  diikuti 40  orang peserta dari berbagai daerah dalam Kota Padang.

Kegitan  ini sudah dilangsungkan semenjak 8 bulan yang lalu, yang bertujuan untuk melestarikan budaya yang mulai tergilas sekaligus juga untuk memupuk rasa persaudaraan, khususnya para penikmat dan penghobi layang-layang,  jelas Taufik Hidayat sebagai Ketua Pelaksana perlombaan ini.

"Melalui saya, jajaran panitia mengucapkan ribuan terimakasih atas partisifasi Ketua DPD LPM Kota Padang, Irwan Basir Dt. Rajo Alam yang telah ikut andil melestarikan alek anak nagari ini dengan membirikan sumbangan piala bergilir "Ketua DPD LPM Kota Padang" yang diperebutkan para pemainan layang-layang apik," tambah Taufik.

Sementara itu terpisah, Ketua DPD LPM Kota Padang Irwan Basir mengatakan, bahwa  permainan tradisional ini harus dilestarikan karena sudah tergerus oleh kemajuan teknologi.

"Kepada para peserta, penonton dan masyarakat agar senantiasa dapat menjaga keamanan, keselamatan dan yang terpenting harus menjaga protokol kesehatan, jangan sampai helatan ini mengganggu ketertiban umum," pesannya.

Ditambahkan Datuak lagi, "Tanam terus nilai sportifitas, junjung rasa persaudaraan demi meningkatkan persatuan dan kesatuan antar sesama dan jangan lupa tetap jaga protokol kesehatan dengan menggunakan masker".

Pada perlombaan kali ini, piala bergilir Ketua DPD LPM Kota Padang disabet layang-layang 'Hitam Bis Putih' milik Mulyadi dari Gunung Pangilun, juara dua Layangan Babek Jerman milik Adi dari Ampang dan Juara Tiga diraih Ujang dengan layang-layang Sompeng Kuning Ungu.(ha)

About integritasmedia2016

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.