Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

MITRA

Iklan

Iklan

iklan banner

Tag Terpopuler

Dalbang) Melakukan Gerak Cepat Proses Pengadaan Barang san Jasa

Kamis, 28 Januari 2021 | Januari 28, 2021 WIB | 0 Views Last Updated 2021-01-29T02:56:36Z

 


Payakumbuh, Integritasmedia.com  - Pemerintah Kota (Pemko) Payakumbuh melalui Bagian Pengadaan Barang dan Jasa Pengendalian Pembangunan (PBJ Dalbang) melakukan gerak cepat untuk proses pengadaan barang dan jasa pemerintah yang telah dimulai sejak awal Januari 2021 ini.

Kepala Bagian (Kabag) PBJ Dalbang Maizon Satria mengatakan ini semua dilakukan sesuai instruksi Wali Kota Payakumbuh Nomor. 12 Tahun 2020 tentang Percepatan Pelaksanaan PBJ TA 2021.

Berdasarkan Instruksi tersebut untuk memulai proses pengadaan lebih awal dari tahun sebelumnya agar di kemudian hari tidak ada kendala dalam proses pengerjaan dan semua paket pekerjaan dapat diselesaikan tepat waktu.

"Sampai saat ini sudah ada 4 paket pekerjaan yang telah berjalan yang mana 2 paket sudah memasuki tahap evaluasi dan 2 lagi masih dalam proses pengumuman," kata Kabag UKPBJ Dalbang Maizon Satria Kepada Humas di ruang kerjanya, Rabu (27/01).

Maizon mengharapkan untuk paket pekerjaan yang menggunakan Dana Alokasi Khusus (DAK) mengingat kondisi saat ini, meminta agar Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) disetiap perangkat daerah agar segera membuat dan memasukkan dokumen pemilihan ke UKPBJ supaya proses pemilihan bisa diumumkan.

"Mengingat saat ini dalam situasi pandemi dan keadaan keuangan tidak menentu sehingga ditakutkan akan terjadi rasionalisasi anggaran seperti tahun kemaren, maka dari itu untuk tahun 2021 ini prosesnya lebih cepat dan diharapankan perangkat daerah siap dan tidak ada kendala dalam proses pengadaan barang dan jasa dan berjalan sesuai tegulasi yang telah ditentukan," ucapnya.

Maizon mengungkapkan untuk tahun 2021 jumlah paket pekerjaan baik itu tender ataupun penunjukan langsung tidak akan jauh berbeda dari tahun 2020 lalu mengingat sekarang masih dalam suasana pandemi covid-19, sehingga terjadi penurunan lebih kurang 35 persen dari tahun-tahun sebelumnya.

"Untuk tahun ini ada 50 sampai 60 paket pekerjaan yang ditenderkan dan lebih kurang 400 paket dengan metoda Pengadaan Langsung untuk seluruh perangkat daerah," ungkapnya.

Sementara itu di tempat terpisah Kasubag Pengadaan Barang dan Jasa Yerisiswanto mengatakan untuk proses tender bisa diikuti oleh penyedia se-Indonesia dan sesuai dengan kualifikasi setiap paket pekerjaan yang ditenderkan.

"Untuk informasi dan jadwal lelang para penyedia bisa mengakses situs www.lpse.payakumbuhkota.go.id dan disitus tersebut para penyedia bisa memantau setiap paket tender yang disediakan Pemko Kota Payakumbuh," ucapnya.

Untuk proses tender sendiri Anto mengatakan, semuanya sudah tersistemasi dan transparan tanpa ada yang ditutup-tutupi, sehingga calon penyedia bisa melihat jalannya setiap proses mulai dari pengumuman jadwal sampai penetapan pemenang.

"Ini semua agar semua penyedia bisa mengawal proses jalannya tender paket pekerjaan yang diikutinya," pungkasnya. (A)

Liputan Khusus

Bedah Kasus

Pendidikan

Hukum dan Kriminal

×
Berita Terbaru Update