Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

MITRA

Iklan

Iklan

iklan banner

Tag Terpopuler

SMPN 1 Harau Dukung Sepenuhnya Program Tahfids

Jumat, 12 Maret 2021 | Maret 12, 2021 WIB | 0 Views Last Updated 2021-03-13T06:55:52Z


Limapuluhkota, Integritasmedia.com - Program Tahfidz di SD dan SMP di Kabupaten Limapuluhkota akan   dia
jarkan   program tahfids kepada peserta didik.

Memberikan bekal ilmu agama di sekolah melalui Pendidikan Agama Islam (PAI) itu penting. Namun, menambahkan bekal tahfidz kepada anak-anak sejak dini juga tidak kalah penting. Program tahfidz menjadi salah satu program pembelajaran yang kini akan dikembangkan oleh sekolah-sekolah di Kabupaten Limapuluhkota.

SMPN 1 Harau  yang lebih dikenal dengan (Sahara)  merupakan salah satu sekolah yang sangat mendukung program tahfids yang akan diterapkan di Kabupaten Limapuluhkota.

Yusuf Lubis Kepsek SMPN 1 Harau mengatakan bahwa sebelumnya SMPN 1 Harau memang telah menerapkan supaya siswanya  mengikuti program tahfids dalam ekrakurikuler untuk siswanya, dan sampai dengan saat ini siswa-siswi yang aktif tahfids berjumlah 37 orang.

Disampaikannya bahwa  tujuan yang ingin dicapai Sekolahnya dengan adanya program tahfidz antara lain mengenalkan peserta didik dengan huruf hijaiyah, membimbing mereka dalam membaca Al-Qur’an dengan tepat sesuai makhraj dan ilmu tajwid, serta mampu mengamalkan ajaran Islam dengan cara mempelajari kitab sucinya sehingga dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.

Metode pembelajaran tahfidz yang diberikan kepada peserta didik Sekolahnta dilakukan terfokus pada siswa, klasikal, pendekatan personal, dan muroja’ah. 

Selain muroja’ah, peserta didik Sekolah Teladan juga dibekali dengan hadits, do’a sehari-hari, Asmaul Husna, mengenal huruf hijaiyah, dan mendengarkan murottal. Dengan adanya program tahfidz ini harapannya peserta didiknya  dapat menguasai hafalan surah-surah pendek dan ditargetkan dapat hafal minimal 2 juz Al-Qur’an.

Sekolah juga mengarahkan peserta didik di rumah untuk tetap melakukan muroja’ah. Dengan begitu harapannya peserta didik tidak hanya terpusat belajar ilmu agama di sekolah, namun juga di rumah. Serta dapat diterapkan pula dalam kehidupan sehari-hari, ujar Yusuf Lubis.

Ditempat terpisah Kadis Pendidikan dan Kebudayaan Indrawati, S.pd, M.pd mengatakan secara terpisah, bahwa sekolah-sekolah di Kabupaten Limapuluhkota akan menerapkan pragram tahfids untuk tingkat SD dan SMP.

Disampaikannya bahwa kegiatan  tahfiz ini akan mampu melahirkan generasi Qurani yang akan menjadi penerus perjuangan umat dan bangsa kedepanya, mudah-muudahan segala ikhtiar kita menghasilkan prestasi yang gemilang”.

Dijelaskan kegiatan tahfiz ini merupakan bagian dari upaya mewujudkan visi dan misi Kabupaten Lima Puluh Kota dalam melahirkan peserta didik yang memiliki hafalan Al-Quran’, jelas Indrawati.

Disampaikannya bahwa dalam rangka mewujudkan program tersebut, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan telah mengadakan rapat hari Jumat (10/3/2021) diruang kerja Kadis dengan 13 Korwil yang ada di Kabupaten, serta mengundang Ustad andi dari Bukittinggi untuk  tentang manfaat program tahfids ini, dan rencana lounchingnya akan dilaksanakan di SDN 1 Situjuh Limo Nagari dalam bulan Maret ini ujar Indrwati mengakhiri pembicaraannya.(Antoncino)




Liputan Khusus

Bedah Kasus

Pendidikan

Hukum dan Kriminal

×
Berita Terbaru Update