DPD LPM Kota Padang Santuni 40 Orang Anak Yatim di Kurao Kapalo Banda

Padang, integritasmedia.com - KETUA DPD LPM Kota Padang Irwan Basir Dt. Rajo Alam, SH, MM didampingi oleh pengurus DPD LPM Kota Padang Mastias Sanjany, Anizar Rajo Intan, Dedi Azhari, memberikan bantuan kepada anak yatim piatu sebanyak 40 orang di lingkungan RW. 05 Kurao Kapalo Banda.

Kegiatan tersebut diawali dengan berbuka puasa bersama di Masjid Raya Kurao Kapalo Banda, Kelurahan Sungai Sapih, Kecamatan Kuranji, Kota Padang, Selasa (27/4/21). 

Pancaran bahagia dan senyum manis anak-anak yatim saat pembagian zakat malam itu, terlihat nyata. Dengan penuh terimakasih dengan haru mereka menyampaikan terimakasihnya kepada pengurus DPD LPM Kota Padang.

Dalam sambutannya Irwan Basir menyampaikan, kegiatn ini menandakan bahwanya di lingkungan masyarakat mempuyai peran aktif bersama-sama, teruma sekali kegiatan di rumah Allah, sebagai muslim sudah seharusnya kita partisipasi. Apalagi, direzki kita ada hak orang lain.

"Karena di bulan Ramadhan ini bulan yang penuh rahmat, baik secara individual maupun secara organisasi diwajibkan juga bisa bersama-sama meramaikan dan memberikan pro aktif mendukung aktifitas masyarakat yang ada di tingkat kelurahan, kecamatan, ujarnya lagi.

Lebih lanjut Irwan Basir mengatakan  karena Ramadhan ini merupakan momen pembagian zakat, maka sudah kewajiban setiap umat muslim untuk menyalurkannya kepada anak yatim piatu dan mereka-mereka yang berhak menerimanya.

Selain ibadah, kegiatan ini juga merupakan wadah untuk menjalin ukhuwah islamiyah diantara kita. Apalagi dengan kebersamaan dengan menyatukan visi dan misi maka wadah ini bisa merimbas kepada masyarakat yang layak untuk di perhatikan.

Nah tentu, perhatian di tingkat RT/RW, Lurah, Camat sehingga memfasilitasi permasalahan-permasalahan kondisi sosial kemasyarakatan melalui aktifitas dari masyarakat untuk masyarakat itu sendiri.

Maka oleh sebab itu, masjid adalah satu wadah yang tepat untuk mengatasi dan mencarikan solusi permasalahan dan membuat suatu interaksi yang bisa memuaskan segala lapisan dan sesuai dengan kondisi sosial masyarakat kita, katanya lagi.

Ia menambahkan, Ramadhan merupakan bulan anak yatim, mari santuni mereka jangan biarkan mereka menangis dan bersedih. Mari cintai, sayangi dan rindui anak yatim. “Insya Allah” jika kita menyantuni anak yatim. Maka, kelak kita dekat dengan baginda Rasulullah.

"Jika kita melalaikan anak yatim, maka kita berdosa dan tidak ada keberkahan bagi kita umat muslim," tuturnya Ketua DPD LPM Padang.

Irwan Basir sangat mengapresiasi pergerakan remaja Masjid, pendidikan karakter generasi muda dan persatuan ibu-ibu majlis taklimnya juga kompak. Sebab, ini dasar membangun karakter generasi muda.

Pada kesempatan tersebut, secara spontan Datuk IB menyarahkan bantuan Rp.2 juta. Satu juta bagi pendidikan pesantren dan satu juta untuk pengurus.

Sementara itu, Deni Kepala Seksi Ketentraman dan Ketertiban Kuranji mewakili Camat Kuranji Eka Putra Buhari menghaimbau masyarakat dalam berktivitas agar selalu memperhatikan protokol kesehatan, tetap memakai masker dan khusus bagi anak-anak jangan menyalakan petasan atau meriam bambu yang dapat mengganggu ketertiban dan kenyamanan dalam beribadah, ujarnya.

Kegitan terswbut turut dihadiri oleh Lurah Sungai Sapih Asral Maas, Camat Kuranji yang diwakili oleh Kasi Tantib Deni, mantan Ketua Pertama Remaja Masjid Gemma Kurba Dedi Azhari Malin Sampono, tokoh masyarakat Kuranji Eri Anto Mahmuda. (DP - ha)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama