Menparekraf RI Sandiago Uno Promosikan Randang Payakumbuh Ke Dunia, Spice of The World


Payakumbuh, Integritasmedia.com - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Republik Indonesia (RI) Sandiaga Salahuddin Uno di Sentra IKM Kota Payakumbuh, Kamis (22/4).Tari Pasambahan dari Sanggar Intan Bakarang asal Sungai Durian Kecamatan Lampasi Tigo Nagori menyambut kedatangannya.


Menparekraf dan jajaran yang datang bersama Wakil Gubernur Audy Joinaldy, Anggota DPR RI Fadli Zon dan Ade Rizki Pratama disambut Wali Kota Riza Falepi, Wakil Wali Kota Erwin Yunaz, Wakil Bupati Limapuluh Kota Rizki Kurniawan Nakasri, Ketua DPRD Kota Payakumbuh Hamdi Agus, Dandim 0306/50 Kota Letkol Kav. Ferry S Lahe, Kajari Suwarsono, Kepala Bank Nagari Hafid Dauli, Ketua TP-PKK Henny Riza Falepi, Sekda Rida Ananda dan Unsur OPD, pimpinan BUMD dan BUMD se Kota Payakumbuh.


Dalam sambutannya Riza Falepi menyampaikan rasanya baru kemarin ketemu Sandiaga Uno di Rumah Makan Si Or sewaktu Sandi sedang melakukan kampanye sebagai calon wakil presiden pada pemilu 2019 lalu.


Dijelaskannya keberadaan Sentra IKM Randang Kota Payakumbuh berawal dari adanya kesulitan pelaku UMKM di Payakumbuh dalam menjual dagangan mereka karena tidak adanya standar produk saat itu, apalagi banyak sertifikat yang harus dipersiapkan mulai dari label halal, BPOM, ijin edar, hingga ISO.

“Bersyukurnya kami, Kementerian Perindustrian menyambut pemikiran ini dan akhirnya dapur bersama-sama ini bisa dibuat. Awalnya ada 22 UMKM Randang se Payakumbuh yang difasilitasi, dan ada sebagian kecil dari Kabupaten Limapuluh Kota,” terangnya.

Riza menambahkan, kehadiran Sentra IKM Randang berdampak besar kepada standar produk UMKM Randang Payakumbuh. Bagaimana mulai dari pengolahan, packaging, dan pemasaran semua diajarkan, agar bisa diterima di pasar nasional dan internasional.

“Bila saja tak ada Pandemi Covid-19 ini, jemaah haji sudah mengorder 480 ton randang, tapi akhirnya kita pending sampai kini. Sementara dengan peralatan yang sudah berstandar Nasional di Sentra IKM Randang kita bisa memproduksi banyak,” kata Riza.

Saat ini, pemerintah tengah gencar melaksanakan vaksinasi, Riza berharap Covid-19 semoga cepat berlalu dan kembali lagi gairah untuk membangun ekonomi menjadi sesuatu yang membahagiakan.

Sementara itu, Menparekraf Sandiaga Uno dalam sambutannya menyampaikan kunjungan ini terpicu dari kunjungan 11 kepala daerah Sumbar dan rakor di tingkat menteri membahas “Spice Of The World” yang bertujuan untuk lebih memperkenalkan kuliner Indonesia ke dunia, “Membumbui Dunia”.

Melalui program ini, bumbu-bumbu dan kuliner Indonesia diharapkan dapat semakin dikenal dan diminati masyarakat luar negeri sehingga terasa multiplier effectnya pada penciptaan lapangan kerja dan kesejahteraan masyarakat kita, salahsatunya adalah randang. Karena ada City of Randang, maka diusulkan Payakumbuh,” kata Sandi.

“Kita akan promosikan Randang Payakumbuh dengan brand Ikosero ini. Kemasannya saat di cek sudah keren banget,” pungkasnya.

Dalam kesempatan itu, juga diserahkan cindera mata produksi ekonomi kreatif anak nagari Payakumbuh, yaitu Baju Tenun Balai Panjang oleh Ketua Dekranasda Kota Payakumbuh Henny Riza Falepi kepada Menparekraf Sandiaga Uno.(Lipsushumaspemko pyk)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama