Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

MITRA

Iklan

Iklan

iklan banner

Tag Terpopuler

Menteri Pariwisata dan Ekononi Sandiaga Salahuddin Uno Berkunjung ke Rumah Gadang Ukiran Cino

Kamis, 22 April 2021 | April 22, 2021 WIB | 0 Views Last Updated 2021-04-22T12:59:56Z

 


Limapuluhkota, Integritasmedia.com- Kamis (22/04/21), Mentri Parawisata dan Ekonomi Sandiaga Salahuddin Uno berkunjung ke Rumah Gadang Ukiran Cino Nagari Batu Nan Limo Kecamatan Payakumbuh Kabupaten Limapuluhkota.kunjungan ke Rumah Gadang Ukiran Cino tersebut disela-sela kegiatan resminya ke Propinsi Sumatera Barat.


Sebelum berkunjung ke Rumah Gadang Ukiran  Cino tersebut, sebelumnya Sandi melakukan kunjungan resminya ke sentra rendang Kota Payakumbuh.


Sekitar jam 14.00 WIB Mentri Pariwisata dan Ekonomi tersebut disambut langsung oleh Wakil Bupati Rizki Kurniawan, Ketua DPRD Denni Astra serta beberapa OPD dilingkungan Pemkab Limapuluhkota.


Setelah disambut dan kalunngkan songket oleh Wabub, selanjutnya Sandi menaiki Rumah Gadang Ukiran Cino yang merupakan salah satu situs cagar budaya yang harus dilestarikan.Sebab biasanya disetiap Propinsi biasanya ukiran di dinding Rumah Gadang (adat) bermotifkan ukiran daerah  atau ornamen setempat,namun Rumah Gadang di Batu Nan Limo itu berbeda dengan Rumah Gadang yang terdapat di Sumatera, karena relief ukiran dindingnya bermotifkan relief ukiran Cina dan disebahagian relief itu ada juga tulisan Cinanya.

Wakil Bupati Limapuluhkota Rizki Kurniawan ketika diwawancarai media ditempat terpisah mengatakan, Mentri Pariwisata dan Ekonomi Sandiaga Salahuddin Uno berkunjung ke Rumah Gadang Ukiran Cino ini disela-sela kunjungan resminya ke Sumatera Barat. Disebutkannya bahwa Mentri berkunjung kesini karena permintaan dari Pemkab Limapuluhkota serta permintaan dari salahsatu keluarga dari pemilik Rumah Gadang Ukiran Cino yang kenal akrab  sudah lama dengan Mentri Sandi ini.

Lebih lanjut disampaikan oleh Wabup bahwa Mentri akan membikin Homestay di Rumah Gadang tersebut,dimana bahagian bawah Gadang tersebut akan ada home industrinya, serta diatas rumah gadang tersebut bisa menginap bagi wisatan yan i gin berkunjung ke Rumah Gadang Ukiean Cino tersebut.Dan Pemkab Limapuluhkota menyambut baik rencana menteri Sandi tersebut untuk membikin homestay untuk wisata budaya, sehingga Rumah Gadang Ukiran Cino tersebut akan banyak dikunjungi.oleh wisatawan dan terpelihara dengan sebaik-baiknya sehingga situs cagar budaya tersebut tidak akan habis dimakan usia,serta ini akan menambah khasanah perbendaharaan objek.wisata yang ada di Kabupaten Limapuluhkota, ujar Wabup Rizki Kurniawan.

Disampaikannya juga bahwa.sudah 3 X dia selaku Wabup meminta Mentri Sandiaga ini untuk 1 hari penuh di Kabupaten Limapuluhkota,karena Luhak.Nan Bungsu ini mempunyai banyak tempat destinasi wisata lebih dari 200  destinasi yang bisa.dikembangkan serta bisa juga melihat 4 skala prioritas yang diprogramkan oleh pasangan Safari, ucap Rezki Kurniawan. (Antoncino)


Liputan Khusus

Bedah Kasus

Pendidikan

Hukum dan Kriminal

×
Berita Terbaru Update