Wako Hendri Septa Minta Camat dan Lurah Lakukan Pengawasan Prokes Menjelang Lebaran dan Pascalebaran

Padang, integritasmedia.com - WALIKOTA Padang Hendri Septa meminta Camat dan Lurah untuk melakukan pengawasan protokol kesehatan Covid-19 selama bulan Ramadhan dan menjelang Hari Raya Idul Fitri 1442H di Kota Padang.

Hal itu seiring dengan arahan Presiden Republik Indonesia Joko Widodo dalam rapat bersama kepala daerah se-Indonesia beberapa waktu lalu.

Demikian disampaikan Hendri Septa saat memimpin Rapat Penanganan Covid-19 bersama Camat se-Kota Padang, di Gedung Putih Rumah Dinas Wali Kota Padang, Kamis (29/4/21).

"Kepada Camat dan Lurah agar lebih meningkatkan pengawasan protokol kesehatan Covid-19. Libatkan semua unsur yang ada di kecamatan mulai dari Babinsa Babinkamtibmas, KAN, LKAM, unsur kepemudaan seperti Karang Taruna, Tagana. Kemudian gerakkan terus Kongsi Covid-19 baik di kelurahan maupun di kecamatan," seru Wako.

Hendri menambahkan, meskipun pemerintah telah mengeluarkan kebijakan untuk tidak boleh mudik antar provinsi. Namun bepergian antar daerah di kabupaten/ kota diperbolehkan.

Hal inilah yang perlu dikhawatirkan karena akan banyak orang dari kabupaten/kota di Sumatera Barat yang datang ke Kota Padang untuk berlibur menjelang lebaran nanti.

"Maka oleh sebab itu, mari kita tingkatkan pengawasan supaya tidak terjadi klaster baru penyebaran Covid-19 di Kota Padang. Dengan adanya pengawasan Covid-19 di setiap kecamatan dan Kelurahan maka hal ini 

sangat efektif untuk mencegah penyebaran Covid-19," kata Hendri lebih lanjut.

Hendri menambahkan, pengawasan protokol kesehatan Covid-19 harus terus dilakukan, tidak hanya menjelang lebaran namun juga pascalebaran nanti. Karena usai lebaran nanti akan banyak warga kota Padang yang habis berlibur atau pulang kampung dari kabupaten/ kota di Sumatera Barat.

"Hal ini perlu menjadi perhatian bagi kita bersama, jangan sampai masyarakat Kota Padang yang datang dari luar daerah menjadi klaster baru Covid-19 di Kota Padang. Untuk itu kepada setiap camat dan lurah supaya melihat dan mendata warganya yang keluar daerah supaya bisa dilakukan pemantauan," pungkas Wako.(ha)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama