Irwan Basir : Keberadaan Sipak Rago Harus Dilestarikan

Irwan Basir Dt. Rajo Alam, SH. MM

"Keberadaan sipak rago harus dilestarikan, kini tinggal mengkampanyekan dan mengajak daerah lain untuk mengembangkan sipak rago ini. Karena, semakin sering digelar festival sipak rago seperti  ini, dengan sendirinya sipak rago ini tentu akan lebih dikenal banyak orang".


Padang, integritasmedia.com - IRWAN Basir Dt. Rajo Alam, SH. MM, Jum'at malam (18/6/21) mendampingi Walikota Padang Hendri Septa, membuka secara resmi Festival Sipak Rago Pauh IX se-Sumbar Tahun 2021 yang digelar oleh pengurus Ikatan Sipak Rago Pauh IX di Sasaran Salingka Raso, Kampuang Tangah, Kelurahan Kuranji, Kecamatan Kuranji.

Direncanakan event ini akan berlangsung 18-20 Juni 2021, yang diikuti sebanyak 30 tim dari berbagai daerah di Sumbar.

Dalam sambutannya Irwan Basir menyampaikan apresiasinya dan rasa gembira dengan digelarnya festival sipak rago ini.

Karena banyak manfaat yang bisa didapatkan, di samping mempertandingkan olahraga bernuansa seni dan budaya selaku kearifan lokal, juga menjadi ajang silaturrahim, ungkap Datuak IB (sapaan akrab Irwan Basir) menambahkan.

Seperti diketahui, sipak rago baru ada di dua daerah di Sumbar,  yakni Kota Padang dan Kabupaten Padang Pariaman, jelasnya lagi.

"Kita hanya tinggal mengkampanyekan saja mengajak daerah lain untuk berminat mengikuti dan mengembangkan sipak rago ini. Maka dari itu semakin sering digelar seperti festival sipak rago ini tentu akan dikenal dan diketahui banyak orang. Semoga olahraga seni ini terus lestari dan berkembang", akhir Irwan Basir.

Pada kesempatan itu terlihat hadir sejumlah tamu dan pejabat penting. Diantaranya Wakil Ketua Komisi I DPRD Sumbar Evi Yandri Rajo Budiman yang juga Ketua FKAN Pauh IX, unsur Forkopimca Kuranji serta Ketua Ikatan Sipak Rago Pauh IX Nasrul Mansur beserta pengurus.

Selain itu juga hadir para ninik mamak, tokoh masyarakat, lurah se-Kecamatan Kuranji dan unsur terkait lainnya.(ha)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama