Diskominfo dan BPS Payakumbuh Validasi Data Payakumbuh Dalam Angka

Payakumbuh (Sumbar)Integritasmedia.com - Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) bekerjasama dengan Badan Pusat Statistik (BPS) Kota Payakumbuh menggelar kegiatan Pemutakhiran Data untuk Penyusunan dan Publikasi Payakumbuh Dalam Angka Tahun 2017, Rabu (7/6) pagi, di Aula Balaikota Payakumbuh. Kegiatan ini diikuti oleh perwakilan BUMN, BUMD, kepolisian, kejaksaan dan organisasi perangkat daerah se-Kota Payakumbuh.

Kepala Dinas Kominfo Elvi Jaya, ST dalam sambutannya menginformasikan bahwa mulai tahun 2017, urusan statistik yang sebelumnya berada di Bappeda pindah kewenangan dibawah Dinas Kominfo.

“Urusan statistik yang selama ini di Bappeda sekarang beralih ke bidang Humas Diskominfo. Sehingga Seksi Statistik yang berada di bidang Humas saat ini memiliki produk statistik berupa Payakumbuh Dalam Angka, 

Kecamatan Dalam Angka dan Indikator Kesehteraan Rakyat (Inkesra),” terang Elvi Jaya.
Sementara itu, Kepala Badan Pusat Statistik kota Payakumbuh  Yon Anri, yang juga memberikan sambutannya, menginformasikan bahwa pengumpulan data terlebih dahulu.

“Data dari OPD harus final dulu, sebelum pengajuan draft awal  ke BPS, Juli tahun ini. Dan rencananya data-data itu akan dipublikasikan secara serentak se-Indonesia pada tanggal 8 Agustus 2017 mendatang”, sebut Yon Anri.

Kepala BPS Yon Anri juga menginformasikan bahwa BPS juga akan membentuk Forum Data sebagai wadah komunikasi data dan informasi antara BPS dan Pemko Payakumbuh melalui Dinas Kominfo.

“Selain sebagai wadah komunikasi, melalui Forum Data tersebut akan tersedia data dan informasi dari seluruh Perangkat Daerah yang terkumpul di satu pintu yaitu di Dinas Kominfo dan dengan adanya Forum Data diharapkan dapat  meminimalkan kesenjangan antara kebutuhan dan ketersediaan data”, pungkas Yon Andri.

Dalam kegiatan yang berlangsung selama sehari tersebut, Tim Validasi Data dari BPS, satu per satu menyampaikan hasil pemerikasaan yang mereka lakukan terhadap data yang telah dikirim oleh OPD, untuk selanjutnya dikonfirmasikan kepada masing-masing instansi pengirim.

Data yang dikumpulkan dan divalidasi oleh BPS adalah data tentang keadaan Kota Payakumbuh seperti 
data pertanian, peternakan, koperasi, perindustrian, perdagangan, tata ruang, pemukiman, data kesehatan dan lainnya.

Sesuai informasi dari pihak BPS, validasi yang mereka lakukan adalah terhadap data keadaan tahun 2016 dan data tersebut juga yang nantinya akan diterbitkan dalam bentuk buku Payakumbuh Dalam Angka Tahun 2017. Buku yang rutin diterbitkan setiap tahun itu dapat dijadikan referensi bagi Pemerintah Daerah dalam menentukan kebijakan dalam perencanaan pembangunan daerah kedepannya.(A)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama