Welcome Terhadap Tamu, Guguak Bakal Dihadiri Mahasiswa Internasional

Limapuluh Kota,integritasmedia.com - Kabupaten Limapuluh Kota bakal dipadati ratusan calon dokter, dosen dan dokter spesialis, serta sejumlah mahasiswa internasional. Para intelektual itu berada di daerah ini dalam rangka pelaksanaan University Social Responsibility (USR) Universitas Baiturrahmah (Unbrah) Padang. 

“Sesuai rencana, USR Universitas Baiturrahmah ini akan dilaksanakan di Kenagarian Guguak VIII Koto Kecamatan Guguak Kabupaten Limapuluh Kota pada bulan April 2018 mendatang,” ungkap Rektor Baiturrahmah Prof, DR. Ir. Musliar Kasim, MS di hadapan Bupati Limapuluh Kota H Irfendi Arbi, sejumlah kepal a OPD serta wali nagari dan Ketua Bamus Kenagarian Guguak VIII Koto, Jumat (5/1).

Dikatakan, kegiatan sosial kemanusiaan untuk pengabdian kepada masyarakat itu direncanakan mulai Kamis sampai Minggu tanggal 19 s/d 22 April mendatang itu akan diikuti 500 mahasiwa kedokteran, 8 dokter spesialis dan puluhan dosen dan mahasiswa internasional seperti dari Negara Malaysia. Kegiatan bhaksi sosial ini dilakukan antara lain untuk menumbuhkembangkan rasa`kepedulian dan empati mahasiswa terhadap masyarakat. Selain itu juga buat memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk mengenal nagari dan masyarakatnya.

“Dari kegiatan USR ini kita berharap mahasiswa mengenal dan peduli dengan masyarakat. Disamping itu juga berharap agar mahasiswa yang umumnya berasal dari luar Sumatera Barat ini bisa menjadi agen yang mempromosikan potensi di lokasi USR seperti pariwisata ke kempung mereka masing-masing,” papar Musliar.

Menurut mantan Wakil Menteri Pendidikan RI itu, dalam kegiatan USR ini para mahasiswa benar-benar diharapkan memberikan kontribusi positif ke tengah masyarakat yang antara lain dengan cara memberikan edukasi tentang pentingnya pendidikan dan kesehatan kepada masyarakat. Ia optimis kegiatan ini akan sukses di Kabupaten Limapuluh Kota karena masyarakatnya mudah menerima perobahan dan wel come terhadap tamu.

“Kami sengaja memilih Kabupaten Limapuluh Kota sebagai lokasi USR Universitas Baiturrahmah karena masyarakatnya betul-betul wel come dengan tamu. Selain itu Bupatinya juga sangat respon dan antusias menerima kami,” aku Musliar menjawab wartawan.

Tak kalah pentingnya, lanjut Musliar, para mahasiswa peserta USR ini juga ditugaskan memberikan motivasi kepada anak-anak di nagari untuk bisa meraih mimpi menjadi dokter dan cita-cita lainnya.

Sebelumnya Bupati Limapuluh Kota Ir. H Irfendi Arbi, MP dalam sambutannya mengucapkan terima kasih telah memilih daerah ini sebagai lokasi USH mahasiswa Universitas Baiturrahmah. Ia mengakui masyarakat Kabupaten Limapuluh Kota butuh peran serta berbagai pihak termasuk sentuhan mahasiswa Universitas Baiturrahmah dalam hal masalah kesehatan dan pendidikan masyarakat.

“Kami sangat senang dan berterima kasih telah memilih Limapuluh Kota sebagai lokasi USR Universitas Baiturrahmah. Kami optimis, kehadiran para calon dokter dan para dokter yang berjumlah sekitar 500 orang itu akan memberikan dampak positif terhadap masyarakat dan daerah ini,” tutur Irfendi.

Kendati Limapuluh Kota telah meraih sejumlah penghargaan nasional di bidang kesehatan seperti bebas penyakit filariasis dari Menteri Kesehatan beberapa waktu lalu, namun daerah ini tetap perlu suport dan masukan dari berbagai pihak termasuk dari perguruan tinggi bidang kesehatan seperti Unbrah.

“Kami butuh pembinaan berkelanjutan dari Universitas Baiturrahmah. Tidak saja sekarang, tahun-tahun berikutnya kami juga berharap kehadiran kegiatan bhakti sosial dari mahasiswa Universitas Baiturrahmah karena kami menyadari masalah kesehatan di daerah ini butuh sentuhan,” aku Irfendi.

Dalam kesemapatan itu Irfendi juga berharap agar para mahasiswa Universitas Baiturrahmah yang sebagaian besar berasal dari luar Sumbar itu mempromosikan da memviral potensi seperti pariwisata di daerah ini ke dunia maya dan daerah asal mereka masing-masing.

“Tidak saja buat meningkatkan kesehatan masyarakat, kami juga berharap kepada mahasiswa untuk nantinya mempromosikan berbagai potensi di daerah ini kepada khalayak,” imbuh Irfendi sembari meminta Ketua Bamus Kenagarian Guguak Fakhri Dt. Sumu menyiapkan segala sesuatunya termasuk tempat tinggal para mahasiswa nantinya.

Sementara itu Ketua LPPM Universitas Baiturrahmah Dr. drg. Yulia Rahmad, M.Kes dalam penyampaiannya menjelaskan, USR ini merupakan yang kedua kalinya digelar Universitas Baiturrahmah. Ia berharap kegiatan ini mampu mengangkat citra daerah dan benar-benar menyentuh masyarakat.

Menurut Yulia, tujuan USR ini antara lain buat meningkatkan kepedulian sosial seluruh komponen Unbrah untuk berbagi ilmu dan pengetahuan kepada masyarakat. Selain itu buat memupuk dan membina motivasi dalam kehidupan sosial mahaiswa, melatih mahasiswa untuk mengimplementasikan nilai-nilai tridharma perguruan tinggi. Berikutnya juga buat memperoleh pengalaman, pelaksanaan penelitian dan pengabdian pada masyarakat, serta menerapkan ilmu pengathuan untuk kesejahteraan masyarakat.
 
“Sedangkan sasaran kami nantinya adalah masyarakat yang membutuhkan pelayanan kesehatan dan informasi kesehatan, serta siswa tingkat SLTA dalam rangka meningkatkan pengetahuan mereka di bidang kesehatan dan cara belajar di perguruan tinggi,” papar Yulia Rahmad.(s)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama