Wali Kota Gelar Apel Pagi Bersama OPD Terkait Guna Pengelolaan Batang Agam

Payakumbuh,Integritasmedia.com--- Semakin ramainya masyarakat mengunjungi destinasi wisata kawasan Batang Agam, membuat sebagian masyarakat mengambil momen dari ramainya kunjungan dengan berdagang disekitaran kawasan tersebut. Menyikapi hal tersebut Wali Kota Payakumbuh Riza Falepi melaksanakan apel bersama OPD terkait untuk pengelolaan destinasi wisata Batang Agam kedepannya.

"Kita tidak inginkan nantinya Kawasan Batang Agam tidak terkelola dengan baik, saat ini bisa kita lihat banyak pedagang yang berjualan dilokasi yang tidak boleh untuk jualan, maka dari itu kita mintak stakeholder terkait agar segera membenahi itu," kata Wali Kota Payakumbuh Riza Falepi saat memimpin apel di Kawasan Batang Agam, Senin (13/07).

Wali Kota dua periode tersebut mengatakan tidak ada larangan bagi para pedagan untuk berjualan di kawasan tersebut, hanya diminta untuk berjualan dilokasi yang telah ditentukan dan mematuhi semua peraturan demi keindahan kawasan wisata Batang Agam.

"Untuk saat ini kita harapkan para pedagang agar tetap memperhatikan kebersihan disekitar lokasi mereka berjualan, minimal membersihkan sampah disekitar mereka berjualan," kata orang nomor satu di Kota Payakumbuh.

Menindak lanjuti instruksi wali kota tersebut, selaku Koordinator Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Muslim mengatakan pihaknya telah menyediakan lokasi bagi para pedagang agar kawasan Batang Agam terlihat indah dan teratur.

"Kami telah menyiapkan semuanya, tidak hanya untuk pedang, kita juga telah menyediakan lokasi parkir serta lokasi acara kegiatan yang akan diadakan di Batang Agam," ucap Kadis PUPR Muslim.

Ditambahkan, "Segala kegiatan yang akan dilaksanakan di Kawasan Batang Agam harus sesuai dengan prosedur dan tidak ada lagi yang berdagang sembarangan ini semuanya agar kasan ini terta dengan baik dan tetap Asri," tambahnya.

Dikesempatan itu juga Kepala Dinas Lingkungan Hidup (LH) Dafrul Pasi menyebutkan untuk kebersihan daerah tersubut pihaknya telah menyediakan tempat sampah dilokasi-lokasi strategis agar kebersihan tetap terjaga.

"Selain itu kita juga menugaskan pasukan yang selalu siap untuk membersihkan kawasan Batang Agam dan diminta kepada masyarakat untuk membuang sampah di tempat yang telah disediakan," ujar Dafrul

Terkait pedagang yang berjualan disembarang tempat, Kasat Pol-PP Devitra mengatakan akan memasang plang pemberitahuan dilokasi-lokasi yang tidak boleh berjualan dengan tujuan untuk ketertiban kawasan tersebut.

"Untuk itu kita minta kepada seluruh pedagang agar berjualan dilokasi yang telah ditentukan, kalau masih membandel tentu konsekuensinya ada," pungkas Devitra.(A)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama