Pemkab Padang Pariaman Tertibkan Petambak Udang


Padang Pariaman, integritasmedia.com - KETUA DPD HNSI (Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia) Provinsi Sumatera Barat Syaharman Zanhar. S. Sos memuji sikap tegas Pemerintah Daerah Kabupaten Padang Pariaman terhadap petambak udang liar dikawasan pesisir pantai mulai dari Kecamatan Batang Anai sampai Kecamatan Ulakan Tapakis.

"Saya apresiasi ketegasan sikap Pemkab Padang Pariaman dalam menegakkan aturan dan undang undang, setelah mereka melakukan razia lengkap dengan SK 4 nya", pernyataan Syaharman Zanhar tersebut terkait razia yang dilakukan Tim SK 4 Pemkab Padang Pariaman pada awal minggu ini.

Syaharman Zanhar, awal bulan ini sempat mempertanyakan keberadaan puluhan tambak udang disepanjang pantai bagian selatan Kabupaten Padang Pariaman ini kepada Kabag Humas Pemkab Padang Pariaman Anton Wira Tanjung, Spi. Msi.

Menurut Syaharman,  keberadaan tambak udang itu sebetulnya sangat bagus dalam upaya meningkatkan perekonomian masyarakat sekitar.

Secara ekonomi harga udang sangatlah menggiurkan. Dengan umur 3 sd 4 bulan saja, sudah dapat dijual dengan harga Rp 70.000. sd Rp 120.000.-/kg. Apalagi untuk ekspor tentu harganya lebih baik lagi.
Dengan adanya tambak udang tersebut seharusnya membawa dampak ekonomi bagi warga sekitarnya.

"Sebagai ketua HNSI, saya senang dengan tumbuh dan berkembangnya usaha tambak udang di daerah ini. Akan tetapi tentunya para investornya harus taat azaz,  taat aturan dan taat budaya lokal. jangan kehadiran investor untuk kemudian menyulut masalah baru. Ketenangan warga sekitar selama ini jangan sampai terusik. Dan yang paling penting investornya harus betul-betul memperhatikan kesejahteraan nelayan setempat", imbuhnya.

Aspek sosial, aspek ekonomi dan aspek lingkungan haruslah menjadi perhatian utama,  bagi pejabat yabg akan mengeluarkan izin. Jangan suatu ketika nanti Pemkab Padang Pariaman disomasi oleh lembaga swadaya masyarakat yang bergerak dalam hal lingkungan hidup.  Ini perlu diingatkan sejak dini, ucap syaharman mengingatkan.

Pesisir Pantai kabupaten Padang Pariaman ini memang sangat cocok dijadikan sebagai lokasi budidaya udang. Dan saat ini banyak sekali investor melirik kawasan ini. Yang perlu diperhatikan jangan sampai objek wisata sepanjang pantai itu terganggu oleh kolam-kolam tambak udang, ungkap Syaharman mengakhiri. (ha)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama