Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

MITRA

Iklan

Iklan

iklan banner

Tag Terpopuler

Irigasi Bandar Panjang Selesai , Air lancar, Masyarakat Berterimakasih

Kamis, 04 Maret 2021 | Maret 04, 2021 WIB | 0 Views Last Updated 2021-03-05T03:28:07Z

 Darwis Tokoh Masyarakat Meminta : 3 Bendungan.dan Pintu Air, Pemda Diharapkan Mengganggarkan Untuk Direhabilitasi


Limapuluhkota, integritasmedia.com -Masyarakat Nagari Kototinggi Maek yang merupakan Nagari  persiapan,terutama Jorong Kototinggi 3 berterimakasih dengan rehabitasi pembangunan irigasi Banda Panjang yang selesai dikerjakan akhir tahun 2020 kemaren.


Ucapan terimasih tersebut disampaikan oleh tokoh masyarakat Jorong Kototinggi Maek, diantaranya : Men yabg tidak berada rumahnya dekat irigasi Banda Panjang sangat berterimakasih dengan telah selesainya rehabilitasi pembangunan irigasi Banda Panjang tersebut. Sebelum direhabilitasi irigasi untuk mengairi persawahan dialiran Banda Panjang tersebut,air yang mengalir dualiran sepanjang saluran sering tidaj sampai kesawah masyarakat,tapi setelah rehabiltasi saluran tersebut,alhamdulillah bisa dirasakan olehnya, karena kebocoran serta*keretakan saluran itu telah dibenahi oleh Bidang PSDA PU Kabupaten Limapuluh Kota.

Ucapan senada juga disampaikan oleh Darwis yang merupakan Bamus, disampaikannya bahwa sebelumnya aliran Banda Panjang tersebut memang airnya tidak sampai kepersawahan masyarakat,tetapi sekarang aliran air yang yang melalui Banda Panjang tersebut telah mulai normal dan bisa mengairi sawah masyarakat.

Darwis selaku tokoh masyarakat mengharapkan kepada Dinas terkait supaya menganggarkan dana untuk rehabiltasi 3 bendungan yang mengairi.irigasi Banda taitu : 1. Bendungan Banda Panjang ( BBP ), 2. Bendungan Kototunggi ( BKT ), dan 3. Bendungan Ronah (BR) Bendungan Banda Panjang yang dindingnya telah banyak yang runtuh serta sendimen bendungan tersebut juga telah banyak menumpuk.di bendungan Banda Panjang.

Selain mengganggarkan rehabilitasi ke-3  tersebut, yang tak kalah pentingnya adalah pintu air utama bendungan dan pintu air setiap persimpangan harus juga dibenahi serra direhabilirasi, Jika bendungan dan pintu air tersebut direhabilitasi, dengan.sendirinya kebocoran serta kelancaran air kesawah masyarakat akan maksimal dan normal seperti semula.

Ben Hardi Kepala Jorong Kototinggi 3 Maek juga sangat berterimakasih dengan.rehabilitasi.saluran air Banda Panjang tersebut. Sebelum direhabilutasi saluran tersebut, masyarakat dijorongnya sangat mengeluhkan dengan tidak lancarnya air yang mengalir kesawah penduduk. Alhamdulillah, sekarang setelah rehabilitasi saluran Banda Panjang, airnya sudah bisa mengairi sawah penduduk, Harapannya juga.senada dengan tokoh masyarakat sepeeti Farwis,Maridus,  Men dan penduduk Kototinggi Maek yang merupakan.Nagari persiapan, supaya instansi terkait bisa menganggarkan rehabilitasi bendungan.Banda Panjang dan pintu-pintu air yang mengaliri irigasi tersebut sudak banyak yang keropos dan tidak lagi berfungsi, ujarnya. ( Antoncino )


 


iklan banner

Liputan Khusus

Bedah Kasus

iklan banner

Pendidikan

Hukum dan Kriminal

iklan banner
×
Berita Terbaru Update