Bupati Lantik Pengurus TP-PKK Padang Pariaman Masa Bakti 2021-2024

Parit Malintang, integritasmedia.com - BUPATI Padang Pariman Suhatri Bur, SE, MM. melantik pengurus TP-PKK Kabupaten Padang Pariaman masa bakti 2021-2024 sekaligus Rapat Kerja Daerah (Rakerda) ke IX TP-PKK Kabupaten Padang Pariaman dan Peringatan Hari Kesatuan Gerak PKK ke-49 tahun 2021 pada Selasa (6/4/21) di hall kantor bupati setempat.

Dalam arahannya Bupati Padang Pariaman selaku Pembina TP-PKKb mengatakan 10 program TP-PKK juga selaras untuk meningkatkan pendidikan dan perekonomian, meningkatkan ketahanan keluarga dan membentuk karakter anak, meningkatkan derajat kesehatan, dan meningkatkan pengelolaan dari TP-PKK itu sendiri.

"Program dari TP-PKK ini juga tertuang pada misi untuk membangun Padang Pariaman kdepan yang yang bertujuan untuk  meningkatkan pembentukan karakter keluarga melalui beberapa kegiatan dalam rangka pengamalan nilai-nilai pancasila. TP-PKK yakninya organisasi kemasyarakatan yang merupakan mitra dari Pemerintah Daerah untuk kemajuan dan kesejahteraan daerah yang kita cintai ini," tutupnya

Dalam Rakerda ke IX TP-PKK Kabupaten Padang Pariaman dan Peringatan Hari Kesatuan Gerak PKK ke-49 tahun 2021 Wakil Bupati Padang Pariaman Drs. Rahmang, MM.  dalam sambutannya mengatakan pelaksanaan Rapat Kerja Daerah PKK Kabupaten Padang Pariaman dan peringatan Hari Kesatuan Gerak PKK,  merupakan tindak lanjut program  atau kegiatan reguler  Tim Penggerak PKK disetiap tingkatan, mulai dari rapat kerja PKK dan peringatan Hari Kesatuan PKK Tingkat Nasional, Tingkat Provinsi dan  Tingkat   Kabupaten/ Kota yang bertujuan menghasilkan Konsulidasi tentang rencana-rencana strategis yang nantinya dituangkan dan diimplementasikan dalam program atau kegiatan  tahunan Tim Penggerak  PKK Kabupaten Padang Pariaman.

Tim Penggerak PKK memiliki peluang yang besar untuk berkontribusi  dalam pelaksanaan pembangunan  di Kabupaten Padang Pariaman, kehadiran Tim Penggerak  PKK  disetiap Tingkatan sangatlah dibutuhkan dan strategis dalam memberikan   motivasi atau dorongan serta ide-ide kreatif kepada stakeholder pembangunan, baik itu kepada pemerintah maupun kepada mitra pemerintah dan masyarakat.

Kunci sukses penyelenggaraan urusan pembangunan tidak  terlepas   dari  ketersediaan dan kesiapan sumberdaya manusianya, perencanaan strategis dan berkelanjutan, tim kerja yang solid, serta partisipasi aktif masyarakat,  oleh  karena  itu   kami   berterima kasih kepada Ibu Ketua Tim  Pengerak PKK Kabupaten  Padang Pariaman beserta jajarannya yang telah menyelenggarakan Rakerda ini.

Karena sebagaimana yang disampaikan oleh panitia   penyelenggara tadi bahwa tujuan  utama pelaksanaan Rakerda ini  adalah dalam rangka integrasi penyamaan persepsi dan penyataan komitmen antar pelaku program dalam melahirkan program kerja tahunan PKK   Kabupaten  Padang  Pariaman, yang lebih profesional, yang lebih cerdas dan tentunya sesuai dengan yang dibutuhkan oleh masyarakat Kabupaten Padang Pariaman,“ ungkapnya Wabup.

Ia juga berharap kepada seluruh peserta untuk dapat mengikuti  Rakerda ini dengan serius, sehingga akan melahirkan tekad dan komitmen–komitmen yang dibutuhkan daerah, Karena maju mundurnya serta Keberhasilan pembangunan di kabupaten Padang Pariaman, terletak dipundak kita semua. Khusus kepada  SKPD terkait  selaku   mitra  Tim Penggerak PKK Kabupaten Padang  Pariaman, kembali kami instruksikan agar lebih meningkatkan koordinasi dan sinkronisasi yang terintegrasi serta benar-benar serius dalam mendukung dan menfasilitasi seluruh  program Tim Penggerak PKK Kabupaten Padang Pariaman, sesuai dengan  bidang  teknis masing-masing.

Senada dengan itu ketua TP-PKK Yusrita Suhatri Bur dalam sambutannya mengatakan Rakerda ke IX kali ini mengangkat tema kemitraan dan sinegritas menjadi kunci dalam meujudkan keluarga berdayadan sejahtera. 

Hal ini mengandung makna bahwa salag satu tujuan Gerakan PKK yaitu keluarga yang berdaya dan sejahtera yaitu keluarga yang memiliki kemampuan untuk meningkatkan kualitas dan taraf hidup baik dari aspek ekonomi, pendidikan, kesehatan, sosial budaya demi mewujdukan itu semua diperlukan peranna berbagai pihak.

“Sinegritas dan kemitraan sesungguhnya merupakan perwujudan akar budaya bangsa, yaitu semangat gotong royong sehingga sangat tept kiranya tema Rakernas ke IX ini bertumpu pada semangat gotong royong agara sasaran yang hendak dicapai yakni keluarga dan masyarakat yang maju, mandiri, sejahtera dapat kita wujudkan bersama. Salah satu bentuk adanya semangat gotong royong dan kepedulian sesama seperti halnya gotong royong dalam penanganan covid-19, stunting dan sebagainya,“ terangnya.

Ia juga menambahkan saat ini gerakan PKK semakin berkembang dengan programnya yang turut menjadi solusi permasalahan bangsa, sejak merebaknya pandemi covid-19 kader PKK bekerjasama dengan berbagai pihak telah aktif melakukan kampanye protokol kesehatan dengan gerakan 3M, pemberian bantuan makanan bergizi bagi masyarakat terdampak pandemi Covid-19, serta gebrak masker yang dilakukan sejak awal pandemi hingga saat ini.

“Kita baru saja melaksanakan pemilihan kepala daerah dan telah terpilih kepala daerah baru yang tentu saja berpengaruh terhadap kepengurusan ketua TP-PKK di Kabupaten Padang Pariaman, mari untuk tetap jaga komitmen dan dedikasi untuk memajukan gerakan PKK, sekaligus juga akan dilaksanakan penetapan kepengurusan TP-PKK yang baru masa bakti 2021-2024 dan terimkasih kami ucapkan kepada bapak dan ibu pengurus TP-PKK masa baktu 2016-2021 yang telah berkiprah dengan dedikasi yang tinggi terhadap pelaksanaan gerakan PKK selama ini,“ tutupnya.

Pelantikan pengurus TP-PKK Padang Pariaman masa bakti 2021-2024 juga dihadiri oleh Ketua GOW, Ketua Dharmawanita, Kepala DPMD, Kepala BKPSDM, Kepala Bagian Hukum, Kepala Bagian Humas dan protokol Anton Wira Tanjung dan Kader TP-PKK tingkat Kecamatan dan Nagari.(ha)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama