Bupati Eka Putra Dampingi Gubernur Resmikan Masjid Ihsan Sungai Patai

Tanah Datar, integritasmedia.com - SETELAH menelan biaya pembangunan sekitar Rp7 Milyar, akhirnya Masjid Ihsan Nagari Sungai Patai, Kecamatan Sungayang, Kabupaten Tanah Datar, Sumatera Barat diresmikan Gubernur Sumbar Mahyeldi Ansharullah bersama Bupati Eka Putra dan Keluarga Besar H. Amran Sutan Sidi Sulaiman, Senin (17/5/21).

Sebelumnya Walinagari Sungai Patai Irfan Zainora menyampaikan terima kasih atas kehadiran Gubernur Sumbar, Bupati Tanah Datar, Walikota Padang Panjang Fadly Amran dan undangan lainnya.

Irfan Zainora menambahkan, pembangunan Masjid Ihsan yang membutuhkan waktu sekitar 18 bulan, dananya sebagian besar sumbangan dari keluarga besar H. Amran Sutan Sidi Sulaiman. “Terima kasih atas bantuan dari donatur kita keluarga besar H. Amran Sutan Sidi Sulaiman dan bantuan dari donatur serta masyarakat lainnya, sehingga kita sudah memiliki Masjid megah ini, semoga apa yang telah Bapak dan Ibuk sumbangkan menjadi amal dan dibalas pahala oleh Allah SWT,” ujarnya.

Dan dalam pembangunan masjid ini, tambah Irfan, dilakukan masyarakat secara gotong royong. “Alhamdulillah, sampai saat ini, kami masyarakat Sungai Patai masih menjunjung tinggi nilai kebersamaan, sehingga dalam membangun masjid ini kami secara gotongroyong bahu membahu", ungkapnya mengakhiri sambutannya.

Selepas itu Walikota Padang Panjang Fadly Amran yang mewakili keluarga besar H. Amran Sutan Sidi Sulaiman menyampaikan harapannya agar masjid yang telah selesai dibangun dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya dan menyampaikan permohonan maaf kalau selama proses pembangunan masjid ini ada kesalahan dari keluarga besarnya.

“Alhamdulillah, niat lama keluarga besar H. Amran Sutan Sidi Sulaiman untuk membantu pembangunan masjid di Nagari Sungai Patai bisa terlaksana dengan baik. Semoga apa yang telah dibangun ini mampu meningkatkan kenyamanan masyarakat dalam menjalankan ibadah kepada Allah SWT, terutama dalam memakmurkan masjid ini,” ujarnya.

Sementara itu Bupati Tanah Datar Eka Putra atas nama Pemerintah Daerah menyampaikan, terima kasih dan apresiasi kepada semua pihak yang terlibat aktif dalam pembangunan masjid Ihsan Nagari Sungai Patai.

“Seperti penyampaian Walinagari dan melihat video proses pembangunan Masjid Ihsan, dapat disampaikan bahwa memang di Nagari Sungai Patai ini rasa gotongroyong masih sangat tinggi, dan saya rasa bisa menjadi rujukan bagi nagari lain di Tanah Datar ataupun di Sumatera Barat,” ujarnya.

Kemudian Bupati Eka Putra berharap sukses dalam pembangunan juga diikuti dengan kesuksesan dalam pelaksanaan ibadah. “Jangan sampai masjid megah fisik saja, namun hendaknya juga ramai jamaah dalam beribadah, karenanya Saya juga berharap Masjid dibuka 24 jam, namun tentunya juga memperhatikan keamanan dan kebersihannya,” harap Bupati.

Sesuai salah satu program unggulan kami, tambah Bupati, yakni melahirkan 1 hafiz atau hafizhah dalam 1 rumah tangga, ia yakin Nagari Sungai Patang mampu melaksanakannya.

“Melihat semangat gotong royong dan kebersamaan dari masyarakat Nagari Sungai Patai, saya yakin program pemerintah akan berhasil dan sukses dilaksanakan disini," ujarnya.

Dikesempatan itu Bupati Eka Putra juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada keluarga besar H. Amran dan donatur lainnya, atas sumbang dana untuk pembangunan masjid Ihsan Sungai Patai.

Gubernur Sumbar H. Mahyeldi Ansharullah dalam sambutannya menyampaikan apresiasi dan penghargaan kepada masyarakat Nagari Sungai Patai yang mendukung pembangunan Masjid Ihsan secara gotongroyong.

"Gotong royong seperti yang kita saksikan di video tadi adalah sebuah kearifan lokal Nagari Sungai Patai ini. Ini perlu dipertahankan atau bahkan diviralkan sehingga bisa menjadi contoh dan rujukan bagi daerah lainnya di Sumatera Barat," ujarnya.

Disamping itu, tambah Mahyeldi, kegiatan untuk menyemarakkan masjid terus dilakukan. "Saya setuju dengan yang disampaikan pak Bupati, mari kita ramaikan dan semarakkan masjid dengan kegiatan keagamaan, sehingga masyarakat kita terutama generasi muda menjadi generasi tangguh yang berguna bagi bangsa dan negara," pungkas Gubernur.(ha)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama