Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

MITRA

Iklan

Iklan

iklan banner

Tag Terpopuler

Walikota Riza Falepi Lantik Kepengurusan KAN dan Bundo Kanduang

Selasa, 31 Agustus 2021 | Agustus 31, 2021 WIB | 0 Views Last Updated 2021-08-31T13:10:53Z


 Payakumbuh, Integritasmedia.com — Bertempat di halaman kantor kecamatan Lamposi Tigo Nagori (Latina), Walikota Payakumbuh Riza Falepi meresmikan Pengelolaan Kepadatan Adat (KAN) Nagori dan Bundo Kanduang di 3 (3) nagari di kecamatan Latina, tepatnya  Parambahan nagori, Sungai Durian dan Koto Panjang nagori, Senin (30/8).


  Dari 3 nagori yang ditampilkan melalui sarana walikota, Riza Falepi, direksi KAN dan Bundo Kanduang Nagari Sungai Durian akan melukis untuk nagori dalam jangka waktu 2021-2026, selain untuk nagori Parambahan dan nagori Koto Panjang untuk  durasi 2020-2025.


  Adapun secara lengkap seluruh direksi KAN dan Bundo Kanduang di dalam 3 nagori yang diresmikan tersebut berjumlah 121 orang.  Begitu pula dengan pengukuhan KAN Parambahan KAN kontrol untuk periode 2020-2025, khususnya W. Dt.  Tamarajo sebagai ketua, JL.  Dt.  Asa Batuah sebagai vp, Dedi Kurniawan Ongku Lisma dan Z. Dt.  Mulia Saiyo sebagai sekretaris dan M. Dt.  Jangan bertindak sebagai bendahara.  Dan tayangan Bundo Kanduang, khususnya Syafni, S.Pd.  Saya sebagai ketua, Cornelia, SE sebagai wakil ketua 1, Indrawati sebagai wakil ketua 2, Mulyawati sebagai wakil ketua 3, Herlini, A.Md sebagai sekretaris, Khalijah sebagai wakil sekretaris dan Ratiherawati, S.Pd sebagai bendahara.


  Sementara itu, pengukuhan KAN Nagori Koto Panjang periode 2020-2025 adalah H. E. N. Dt.  Majo Lobiah Nan Putiah sebagai ketua, N. Dt.  Tunadie sebagai wakil presiden 1, Drs.  M.Dt.  Patiah Nan Kuniang sebagai wakil presiden 2, U. Dt.  Paduko Malano sebagai wakil ketua 3, K. Dt.  Mangkuto Sati sebagai wakil presiden 4, Drs.  H.A.S.Dt.  Majo Lobiah Nan Kuniang sebagai sekretaris, I.M. Dt.  Naro sebagai wakil sekretaris, H. Z. Dt.  Rajo Bosa, S.Pd sebagai bendahara dan Drs.  M.Dt.  Parpatiah sebagai wakil bendahara.  Dan Bundo Kanduang yang dilantik untuk masa jabatan 2020-2025, khususnya Nur'aini sebagai ketua, Agustina sebagai wakil ketua 1, Despita Reni sebagai wakil ketua 2, Ismarti sebagai wakil ketua 3, Ritawati sebagai sekretaris, Santi Alminda sebagai wakil sekretaris dan Yuliza  sebagai bendahara.


  Kemudian dilantik pengurus KAN Sungai Durian periode 2021-2026, tepatnya H. Irman, Dt.  Pangulu Sati sebagai ketua, B. Dt.  Paduko Sindo sebagai wakil ketua 1, Y. Dt.  Bandaro Bunsu sebagai wakil presiden 2, S. Dt.  Ajo Dirajo sebagai wakil ketua 3, M. Dt.  Gindo Simarajo sebagai wakil ketua 4, Yanuar Imam sebagai sekretaris, Y. Dt.  Majo Adia sebagai wakil sekretaris, dan A. Dt.  Parpatiah sebagai bendahara.  Dan untuk Bundo Kandung Nagari Sungai Durian periode 2021-2026 yang ditayangkan, yakni Lendriati sebagai ketua, Rismalia, S.Pd sebagai wakil ketua 1, Mairastiti sebagai wakil ketua 2, Lismawati sebagai wakil ketua 3, Rini Setiawati sebagai sekretaris,  Disna Harifa sebagai wakil sekretaris, Hj.  Yendra Siswati sebagai bendahara dan Linda.  P sebagai wakil bendahara.


  Usai dilantik, Walikota mengucapkan selamat kepada direksi baru KAN dan Bundo Kanduang serta mengucapkan terima kasih atas vintage control untuk providernya selama ini.


  “Terima kasih kepada para direktur barang antik dan juga warga sekitar Latina atas bantuan dan partisipasinya dalam perbaikan kota selama ini,” kata Riza Falepi.


  Riza mengatakan wilayah Latina merupakan kecamatan baru di dalam kota metropolitan Payakumbuh, dan setelah departemen tersebut selesai pada tahun 2009, telah dilakukan pelantikan direksi KAN dan Bundo Kanduang yang menjabat untuk nagori di kecamatan Latina.


  Menurut walikota kedua periode tersebut, Latina merupakan kawasan yang sangat strategis bagi kota Payakumbuh, karena Latina merupakan daerah baru dan tetap hebat dalam membuat rencana perbaikan dan peningkatan yaitu untuk pengembangan kota metropolitan.  Payakumbuh dalam takdir.


  “Dengan dilantiknya direksi KAN dan Bundo Kanduang yang baru, dengan sedikit keberuntungan di dalam takdir maka sinergitas antara masyarakat adat dan penguasa bisa semakin dekat jika ingin menyampaikan modifikasi yang lebih tinggi untuk Latina dan khusus untuk kota metropolitan Payakumbuh.  ," harap Riza Falepi.


  Pada acara peresmian, Ketua LKAAM Provinsi Sumbar diwakili dengan bantuan menggunakan H. D. Dt.  Rajo Paduko Nan Bagonjong menyampaikan kepada KAN yang dilantik dan kontrol Bundo Kanduang, pihaknya berharap agar masing-masing faktor jaringan Nagori di Latina dapat terus menjaga kekompakan dan kebersamaan untuk pembangunan takdir.


  “Semoga manusia pribumi kita bisa menjaga kekompakan antara gaya hidup dan struktur yang berlaku.  Dengan kerjasama yang baik antara masyarakat adat dan pemerintah daerah, tentunya untuk mengenal Payakumbuh yang lebih unggul dalam takdirnya,” kata Dt. Rajo Paduko Nan Bagonjong.


  Acara pelantikan KAN dan Bundo Kanduang di Kecamatan Latina pun turut dihadiri oleh pihak Forkopimda Payakumbuh, beberapa ketua OPD, ketua KAN di Payakumbuh, LKAAM Provinsi Sumbar, LKAAM Kota Payakumbuh serta Niniak Mamak dan Bundo Kanduang di Nagori-  Kecamatan Nagori Latina.  (A)

iklan banner

Liputan Khusus

Bedah Kasus

iklan banner

Pendidikan

Hukum dan Kriminal

iklan banner
×
Berita Terbaru Update