Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

MITRA

Iklan

Iklan

iklan banner

Tag Terpopuler

Irwan Basir : Menjaga Nusantara dengan Melestarikan Budaya Lokal

Rabu, 01 September 2021 | September 01, 2021 WIB | 0 Views Last Updated 2021-09-02T02:39:36Z
Ketua DPD LPM Kota Padang, Irwan Basir

"Keberagaman kebudayaan daerah merupakan kekayaan dan identitas bangsa yang sangat diperlukan untuk memajukan Kebudayaan Nasional Indonesia di tengah dinamika perkembangan dunia".


Padang, integritasmedia.com - KETUA DPD Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) Kota Padang Irwan Basir  Dt. Rajo Alam, SH, MM didampingi Wakil Sekretaris Martias Sarjanny , SE dan Lurah Kuranji Kasma Efendi Garda, menghadiri grand final Duta Tari di Sangar Tari Saiyo Sakato, rangka melestarikan dan mengembangkan budaya Minangkabau.

Dalam kesemparan tersebut kepada media Irwan Basir mengatakan, pelestarian seni dan budaya merupakan tanggung jawab bersama. Karena kebudayaan memegang peranan penting dalam kemajuan suatu bangsa. Negara memajukan Kebudayaan Nasional Indonesia di tengah peradaban dunia dan menjadikan kebudayaan sebagai investasi untuk membangun masa depan.

Keberagaman Kebudayaan daerah merupakan kekayaan dan identitas bangsa yang sangat diperlukan untuk memajukan Kebudayaan Nasional Indonesia di tengah dinamika perkembangan dunia, urainya.

"Menjaga dan melestarikan budaya lokal yang ada dalam masyarakat dapat dilakukan dengan berbagai cara. Beberapa cara yang dapat dilakukan oleh seorang anggota masyarakat khususnya kita sebagai generasi muda dalam mendukung kelestarian budaya dan ikut menjaga budaya lokal diantaranya adalah mau mempelajari budaya tersebut", ajak Datuk IB (sapaan akrab Irwan Basir).

Baik hanya sekedar mengenal atau bisa juga dengan ikut mempraktikkannya dalam kehidupan,  atau ikut berpartisipasi apabila ada kegiatan dalam rangka pelestarian kebudayaan.


Atau mengajarkan kebudayaan itu pada generasi penerus sehingga kebudayaan itu tidak musnah dan tetap dapat bertahan, Mencintai budaya sendiri tanpa merendahkan dan melecehkan budaya orang lain, ulasnya merinci.

Bahkan mempraktikkan penggunaan budaya itu dalam kehidupan sehari-hari, misalnya budaya berbahasa, Menghilangkan perasaan gengsi ataupun malu dengan kebudayaan yang kita miliki, Menghindari sikap primordialisme dan etnosentrisme, ajarkan budaya kepada orang lain, akhirnya.(ha)

iklan banner

Liputan Khusus

Bedah Kasus

iklan banner

Pendidikan

Hukum dan Kriminal

iklan banner
×
Berita Terbaru Update